Resep Ayam tangkap yang Lezat

Diposting pada
Resep Ayam tangkap yang Lezat

Ayam tangkap. Chicken is the most favorite dish in Indonesia and even the world, and each region has its own characteristic way to cook chicken. Chicken is a food that can be cooked in different variations — baked, fried, or steamed — but all are equally delicious, like this recipe from Aceh named "AYAM TANGKAP" (Chicken Catch). Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas.

Resep Ayam tangkap yang Lezat Ayam Tangkap, Ketika Ayam Goreng Bersembuyi di Balik Semak Pandan. Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh, yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Saat disajikan Ayam ini tampak unik, karena di piring juga ada banyak Daun pandan yang ikut tergoreng.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam tangkap yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam tangkap yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam tangkap, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ayam tangkap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Chicken is the most favorite dish in Indonesia and even the world, and each region has its own characteristic way to cook chicken. Chicken is a food that can be cooked in different variations — baked, fried, or steamed — but all are equally delicious, like this recipe from Aceh named "AYAM TANGKAP" (Chicken Catch). Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam tangkap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam tangkap memakai 18 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

BARU  Resep Ayam saos telur asin / Chicken Salted Egg, Enak

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ayam tangkap:

  1. Ambil 1/2 ekor ayam kampung (potong kecil2).
  2. Sediakan 1 buah jeruk nipis.
  3. Ambil 2 batang serai.
  4. Ambil 4 lembar daun salam.
  5. Siapkan 6 lembar daun jeruk.
  6. Siapkan 10 buah cabai hijau keriting (di iris serong.
  7. Siapkan 3 tangkai daun temuru / daun kari.
  8. Sediakan 6 lembar daun pandan(1diikat simpul & 5 di potong kasar).
  9. Siapkan Gula dan garam.
  10. Ambil Bahan halus:.
  11. Gunakan 8 siung bawang merah.
  12. Ambil 4 siung bawang putih.
  13. Sediakan 2 ruas kunyit bakar.
  14. Sediakan 1 ruas jahe.
  15. Ambil 1 ruas lengkuas.
  16. Gunakan 3 butir kemiri (sangrai).
  17. Sediakan 1/2 sdt ketumbar(sangrai).
  18. Gunakan 1 buah asam sunti (optional).

Sehingga saat mau makan, seakan harus mencari-cari ayam yang sembunyi diantara tumpukan daun pandan. Dikenal dengan nama ayam tangkap khas Aceh. Hidangan ini dibuat dari ayam kampung yang segar. Direndam bumbu sederhana dan selalu digoreng saat akan dinikmati.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam tangkap:

  1. Lumuri ayam dengan perasan jeruk nipis dan garam.
  2. Tumis serai yg sudah di geprek dan daun salam,kemudian masukan bumbu halus tumis sampai harum.
  3. Masukan air kurleb 200 ml rebus sampai mendidih kemudian masukan ayam,1lembar daun pandan ikat simpul,1 tangkai daun kari,tambahkan garam dan gula,ungkep sampai ayam empuk dan bumbu meresap.
  4. Panas kan minyak goreng(jumlah yang banyak)bila sudah panas masukan daun pandan yang sudah dipotong,daun kari,daun jeruk dan cabai hijau,masukan ayam.
  5. Angkat terlebih dahulu daun2an yg sudah kering,goreng ayam sampai kecoklatan,angkat kemudian tiriskan.
  6. Sajikan.

Ayam Tangkap adalah satu resep otentik khas Aceh yang tidak ada bandingannya. Keunikannya membedakan resep ini dengan berbagai masakan ayam lainnya. Secara rasa, penampilan, serta kelezatannya; ayam tangkap nyaris tidak ada tandingannya. Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam tangkap yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!