Resep Rendang Ayam Mantul yang Enak

Diposting pada
Resep Rendang Ayam Mantul yang Enak

Rendang Ayam Mantul. Ayam yg biasanya cuma di opor/ diungkep / disemur dll.akhirnya dr rasa penasaran pengen nyobain yg namanya masak rendang. Terinspirasi dari resepnya mbak Febrica, saya recook dan hasilnya di sukai seluruh keluarga. Ada beberapa bumbu yang saya tambah di banding resep asli.

Resep Rendang Ayam Mantul yang Enak Hidangan yang sedap dimakan bersama lemang, ketupat ataupun juga pulut kuning.**Kalau guna santan. Rendang Ayam adalah masakan tradisional masyarakat Melayu di Malaysia, malah menu ni dah jadi sebahagian lifestyle masyarakat Malaysia. Lihat juga resep Cilok Isi Daging+Telur Rasa Mantul? enak lainnya.

Anda sedang mencari ide resep rendang ayam mantul yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal rendang ayam mantul yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ayam yg biasanya cuma di opor/ diungkep / disemur dll.akhirnya dr rasa penasaran pengen nyobain yg namanya masak rendang. Terinspirasi dari resepnya mbak Febrica, saya recook dan hasilnya di sukai seluruh keluarga. Ada beberapa bumbu yang saya tambah di banding resep asli.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rendang ayam mantul, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan rendang ayam mantul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan rendang ayam mantul sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Rendang Ayam Mantul memakai 29 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Rendang Ayam Mantul:

  1. Ambil Ayam 1 kg (sy dada mentok).
  2. Sediakan 700 ml Santan kental.
  3. Gunakan 5 sdm Kelapa sangrai.
  4. Siapkan Bumbu halus:.
  5. Gunakan 1 . Bawang putih 7 siung.
  6. Sediakan 2 . Bawang merah 6 siung.
  7. Siapkan 3 . Cabe merah 4 biji (bs kurang / lebih sesuai selera pedasnya).
  8. Gunakan 4 . Jintan 1 sdt.
  9. Sediakan 5 . Lada bubuk 1 sdt.
  10. Ambil 6 . Kemiri 6 biji.
  11. Sediakan 7 . Jahe seukuran kelingking.
  12. Sediakan 8 . Kunyit seukuran kelingking.
  13. Gunakan note : blender semua bumbu halus hingga mjd pure.
  14. Siapkan Bumbu cempung:.
  15. Ambil 1 . Sereh 2 batang.
  16. Ambil 2 . Lengkuas seukuran jempol.
  17. Ambil 3 . Daun salam 3 lembar.
  18. Siapkan 4 . Daun jeruk 3 lembar.
  19. Ambil 5 . Daun kunyit 1 lembar (bisa di skip).
  20. Siapkan 6 . Cengkeh 2 biji.
  21. Siapkan 7 . Bunga lawang 2 biji.
  22. Gunakan 8 . Kayu manis seukuran telunjuk.
  23. Ambil note : bumbu cemplung digeprek.
  24. Gunakan Bumbu tambahan:.
  25. Ambil 1 . Garam 1 1/2 sdm.
  26. Ambil 2 . Gula jawa 1/4 besar kepal tangan.
  27. Ambil 3 . Penyedap rasa (boleh skip krn ayam sudah menghasilkn kaldu).
  28. Gunakan 4 . Minyak goreng 2 sendok sayur.
  29. Sediakan 5 . Air 200 ml.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Ungkep ala Chef Supri Anti Gagal

Rendang Ayam Kampung Ayam Kampung • telor rebus kupas (opsional, boleh diskip) • kelapa (parut, disangrai sampai kecoklatan, dihaluskan • kelapa, diambil untuk santan encer dan santan kental • bawang merah • bawang putih • cabe merah (bisa ditambah jika suka pedas) • jahe agak besar Rendang Ayam – masakan kegemaran tradisional Rendang ayam adalah pilihan baik untuk mereka yang tidak memakan daging lembu tetapi ingin menikmati rasa sedap kompleks rendang tradisional. Resepi Rendang Ayam yang memang sangat sedap, kuahnya sangat wangi kerana menggunakan bahan-bahan rempah ratus yang segar, dikisar halus dan ditumis sehingga masak dengan sempurna. Hirisan daun kunyit dan daun limau purut pula menambahkan lagi keistimewaan rasa pada rendang ini. Kalau nak lebih sedap, gunakan santan dari kelapa segar.

Cara menyiapkan Rendang Ayam Mantul:

  1. Siapkan santan kental dengan cara rebus perasan kelapa menggunakan api kecil sambil diaduk supaya santan tidak pecah (terpisah dr air). Gunakan santan yg mengapung diatas sbg bahan masakan rendang dll.
  2. Cuci bersih ayam yg sudah dipotong2. Lalu rebus sebentar kurang lebih 10 menit. Lalu tiriskan ayam..
  3. Siapkan wajan dan minyak goreng lalu tumis semua bumbu. Termasuk bumbu cemplung hingga harum dan berubah warna..
  4. Tambahkan air, garam, gula jawa, penyedap rasa. Tunggu larut dan masukkan ayam. Rebus ayam dalam bumbu sampai air kira2 menyusut 50%.
  5. Lalu tambahkan santan yg sudah diendapkan tadi. Ambil bagian kentalnya saja. Masak sampai menyusut. Jangan lupa sesekali diaduk..
  6. Masak dengan api sedang. Ketika sudah mulai menyusut kecilkan api lalu masukkan kelapa sangrai aduk2 lebih sering sampai santan benar2 menyusut dan mengeluarkan minyak..

Hari Raya memang tak lengkap kalau tak ada rendang sebagai hidangan. Tapi, tak semua orang pandai buat rendang. Katanya leceh dan selalu tak menjadi. Sebenarnya kalau tahu caranya, memasak rendah bukanlah susah sangat. Cuma mungkin banyak sikitlah bahan yang diperlukan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Rendang Ayam Mantul yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!