Resep Ayam Bakar Bacem, Enak

Diposting pada
Resep Ayam Bakar Bacem, Enak

Ayam Bakar Bacem. Ayam Bakar Bumbu Bacem Khas Yogya. Untuk membuat ayam bacem ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyajikan beberapa bahan-bahan seperti, satu ekor ayam, gula merah, bumbu halus yang terdiri dari bawang, kemiri dan ketumbar.

Resep Ayam Bakar Bacem, Enak Resep ayam bacem bakar tidak terlalu sulit untuk dipraktikkan di rumah. Padahal ayam bakar bacem yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bakar bacem, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya.

Lagi mencari ide resep ayam bakar bacem yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam bakar bacem yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam Bakar Bumbu Bacem Khas Yogya. Untuk membuat ayam bacem ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyajikan beberapa bahan-bahan seperti, satu ekor ayam, gula merah, bumbu halus yang terdiri dari bawang, kemiri dan ketumbar.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bakar bacem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam bakar bacem enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam bakar bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Bakar Bacem memakai 18 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Bakar Bacem:

  1. Sediakan 1 kg ayam (saya pake bagian paha).
  2. Gunakan secukupnya Air jeruk nipis.
  3. Ambil 2 ruas lengkuas (geprek).
  4. Sediakan 2 batang serai (geprek).
  5. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  6. Gunakan 1 lembar daun salam.
  7. Siapkan 400-500 ml air kelapa.
  8. Sediakan 150 gr gula merah.
  9. Sediakan 1 sdm ketumbar bubuk.
  10. Sediakan 4-5 sdm kecap manis.
  11. Ambil 1 sdm air asam Jawa.
  12. Siapkan secukupnya Kaldu jamur.
  13. Siapkan secukupnya Garam.
  14. Siapkan secukupnya Gula.
  15. Siapkan Bumbu halus :.
  16. Sediakan 6 butir bawang merah.
  17. Sediakan 5 butir bawang putih.
  18. Ambil 3 butir ketumbar.
BARU  Resep Menu MP-ASI 4 Bintang Usia 6 Bulan Bubur Ikan Bandeng Buncis, Menggugah Selera

Haluskan semua bahan bumbu halus, lalu rebus bersama dengan air kelapa, ayam, gula merah, asam jawa, daun salam, lengkuas, garam dan merica. Ungkep ayam hingga bumbu meresap dan air menyusut. Sisahkan sedikit bumbu untuk bahan olesan saat membakar ayam. Saatnya untuk mencoba resep ayam bakar, hehe.

Cara membuat Ayam Bakar Bacem:

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan diamkan +- 15 menit. Haluskan bumbu.
  2. Letakan ayam di atas wajan, masukkan air kelapa, tambahkan bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, gula merah, ketumbar, kecap manis, garam, gula, kaldu jamur, air asam Jawa.
  3. Masak ayam dengan api sedang hingga mendidih, tes rasa. Apabila rasa sudah pas, masak ayam hingga air menyusut..
  4. Panggang ayam di atas teflon, sambil dibolak-balik agar tidak gosong. Angkat dan sajikan.

Katanya sih ayam bakar juga lebih sehat daripada ayam goreng. Hmm, kalau anda sedang ingin masak daging ayam, sepertinya anda wajib mencoba resep ayam bacem yang sangat maknyus enaknya tiada duanya! Apabila anda suka dengan resep masakan yang sederhana dan mudah, maka resep ayam bacem yang saya bagikan di kesempatan kali ini adalah resep yang pasti akan anda sukai. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam bakar bacem yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!