Resep Opor Ayam yang Lezat Sekali

Diposting pada
Resep Opor Ayam yang Lezat Sekali

Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Resep Opor Ayam yang Lezat Sekali Nikmatnya makan lontong sayur opor ayam , mertua sampai nambah-nambah ( menu spesial kita). Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 28 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Opor Ayam:

  1. Sediakan 500 gr ayam potong.
  2. Gunakan 150 gr tahu, iris goreng.
  3. Ambil 100 gr tempe, iris.
  4. Siapkan 3 bh wortel,iris.
  5. Siapkan 10 bh buncis,iris.
  6. Ambil 1 bh kentang, iris.
  7. Gunakan Bumbu halus.
  8. Gunakan 10 siung bawang putih.
  9. Gunakan 8 siung bawang merah.
  10. Siapkan 3 btr kemiri.
  11. Ambil 1 sdt ketumbar.
  12. Gunakan 1 ruas jahe.
  13. Ambil 1 ruas kunyit.
  14. Ambil 1/2 sdt jinten.
  15. Gunakan 1 bh cabe merah.
  16. Siapkan Bahan pelengkap.
  17. Gunakan 3 lbr daun jeruk.
  18. Sediakan 3 lbr daun salam.
  19. Gunakan 1 btg serai, geprek.
  20. Sediakan 4 cm lengkuas, geprek.
  21. Sediakan 2 bh cangkeh.
  22. Gunakan 2 bh kapulaga.
  23. Gunakan 1 sdt garam.
  24. Ambil 1 sdt lada.
  25. Siapkan 1 sdt kaldu jamur.
  26. Gunakan Sejumput gula.
  27. Gunakan 1 lt air.
  28. Siapkan 200 ml santan.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Mango sticky rice (mangga ketan segar) Anti Gagal

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Cara membuat Opor Ayam:

  1. Blender semua bumbu halus lalu tumis hingga harum. Tambahkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas masak hingg layu..
  2. Tuang air, garam,gula, kaldu jamur, lada. Masukkan bahan sayur, ayam dan tempe. Masak hingga mendidih dengan api sedang kecil.
  3. Tambahkan tahu dan tuang santan masak sampai mendidih lagi. Cek rasa. Setelah mendidih tetap masak sekitar 10 menit agar bumbu meresap. Sajikan.

Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!