Resep Semur Ayam Betawi Anti Gagal

Diposting pada

Semur Ayam Betawi. Hai sobat onliner's Dapur Mama Mia ingin berbagi resep cara membuat semur ayam kampung yang enak dan lezat ini, yuk di simak videonya. Resep Semur Ayam Lezat dan Nikmat – Semur ayam adalah kuliner nusantara yang terbuat dari bahan dasar ayam dan bumbu kecap manis yang meresap ke dalam ayam, menghadirkan cita rasa yang begitu familiar di lidah. Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam menjadi bumbu utama yang wajib ada, karena semur diartikan sebagai masakan dengan lumuran kecap berwarna coklat pekat.

Resep Semur Ayam Betawi Anti Gagal Ciri khas dari semur ayam khas Betawi adalah adanya kuah kental berwarna hitam dan dengan rasa manis gurih. Kuah hitam ini didapat dari paduan rempah dan kecap. Ayam yang digunakan pun biasanya bagian dada, paha ataupun sayap.

Sedang mencari inspirasi resep semur ayam betawi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur ayam betawi yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Hai sobat onliner's Dapur Mama Mia ingin berbagi resep cara membuat semur ayam kampung yang enak dan lezat ini, yuk di simak videonya. Resep Semur Ayam Lezat dan Nikmat – Semur ayam adalah kuliner nusantara yang terbuat dari bahan dasar ayam dan bumbu kecap manis yang meresap ke dalam ayam, menghadirkan cita rasa yang begitu familiar di lidah. Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam menjadi bumbu utama yang wajib ada, karena semur diartikan sebagai masakan dengan lumuran kecap berwarna coklat pekat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur ayam betawi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan semur ayam betawi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah semur ayam betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Semur Ayam Betawi menggunakan 18 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

BARU  Resep Ayam serundeng Anti Gagal

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Semur Ayam Betawi:

  1. Gunakan 1/2 kg ayam potong jadi 3, cuci bersih.
  2. Ambil 7 sdm kecap manis.
  3. Gunakan 1 sdt gula merah.
  4. Sediakan 400 ml air.
  5. Ambil Bumbu Halus:.
  6. Sediakan 3 siung bawang merah.
  7. Sediakan 1 siung bawang putih.
  8. Ambil 2 butir kemiri ukuran kecil.
  9. Ambil 1 cm jahe.
  10. Ambil 1 cm lengkuas.
  11. Ambil 1/2 sdt garam.
  12. Gunakan 1/4 sdt lada bubuk.
  13. Siapkan Bumbu Cemplung:.
  14. Sediakan 1 batang sereh geprek (saya skip).
  15. Gunakan 1 lembar daun jeruk.
  16. Sediakan 2 lembar daun salam.
  17. Ambil 2 cm kayu manis.
  18. Siapkan 1/2 buah biji pala.

Mengenai jenis kuliner semur ayam betawi yang satu ini, biasanya mempunyai kuah yang jauh lebih kental dan memiliki warna yang jauh lebih hitam. Apabila kuah tersebut di buat melalui kecap manis yang sudah dikombinasikan dengan rempah pilihan, sudah pasti cita rasa akan meningkat drastis. KOMPAS.com – Orang betawi terkenal handal membuat semur. Semur yang dibuat biasanya semur daging dengan tambahan banyak rempah.

Cara menyiapkan Semur Ayam Betawi:

  1. Ulek bahan bumbu halus.
  2. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan bahan cemplung, tambahkan air, masukkan kecap manis dan gula merah, biarkan hingga mendidih, lalu masukkan ayam, tutup wajan, masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap.
  3. Sajikan.

Aromanya harum dan rasa bumbunya medok. Baca juga: Resep Mie Godog Jawa, Pakai Telur Bebek Tambah Mantap Semur daging betawi sangat cocok disantap dengan nasi uduk atau ketupat sayur. Semur daging Betawi yang pekat namun terasa ringan di mulut Semur berasal dari bahasa Belanda "Smoor" yang berarti perebusan daging dengan kuah berwarna cokelat pekat dan terasa manis. Beragam protein bisa menjadi bintang utama dalam olahan semur. Kali ini adalah semur daging Betawi yang berkuah pekat namun terasa ringan di mulut.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Semur Ayam Betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!