Resep Nasi Kuning Sambal Bisa khas Brebes, Sempurna

Diposting pada

Nasi Kuning Sambal Bisa khas Brebes. Siapkan bahan-bahan seperti cabai merah besar, tomat, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi. Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah.

Resep Nasi Kuning Sambal Bisa khas Brebes, Sempurna Bukan karena nasi kuningnya lebih unggul daripada yang lain, tapi Saya tidak bisa membayangkan pendamping nasi kuning yang lebih enak daripada kering tempe manis, ayam goreng, mie jawa masak manis, sambal. Jadikan nasi kuning sebagai menu sarapan spesial untuk keluarga. Berikut ini resep dan cara membuat nasi kuning praktis.

Anda sedang mencari ide resep nasi kuning sambal bisa khas brebes yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kuning sambal bisa khas brebes yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Siapkan bahan-bahan seperti cabai merah besar, tomat, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi. Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kuning sambal bisa khas brebes, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi kuning sambal bisa khas brebes yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi kuning sambal bisa khas brebes sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Kuning Sambal Bisa khas Brebes menggunakan 23 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Kuning Sambal Bisa khas Brebes:

  1. Siapkan Bahan Nasi Kuning Magic Com.
  2. Ambil 2 cup beras.
  3. Sediakan 1 sachet santan instant 60 ml.
  4. Ambil 2 siung bawang putih.
  5. Ambil 2 siung bawang merah.
  6. Gunakan 3 ruas kunyit/kunyit bubuk.
  7. Ambil secukupnya Ketumbar.
  8. Ambil 1 batang sereh.
  9. Ambil Laos.
  10. Ambil Salam.
  11. Ambil Garam.
  12. Sediakan Kaldu jamur.
  13. Siapkan Bahan Sambal Bisa.
  14. Sediakan 1/2 butir kelapa parut.
  15. Ambil Secukupnya kacang panjang.
  16. Ambil Sereh.
  17. Siapkan 1/2 sachet terasi.
  18. Sediakan 7 buah cabai merah keriting.
  19. Siapkan Garam.
  20. Sediakan Pelengkap.
  21. Gunakan iris Telur dadar.
  22. Sediakan Mie goreng.
  23. Ambil Abon/perkedel.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Japanese Oat Bread, Bisa Manjain Lidah

Jika nasi kuning yang anda buat sudah matang, maka anda bisa langsung menyajikannya. Sajikan nasi kuning dalam keadaan hangat agar lebih nikmat. Pada awalnya telur asin khas Brebes hanya memiliki satu varian yaitu telur asin rebus. Berkat inovasi tersebut, telur asin khas Brebes pun sudah berhasil menyentuh pasar mancanegara.

Langkah-langkah membuat Nasi Kuning Sambal Bisa khas Brebes:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit..
  2. Panaskan minyak 2sdm, tumis bumbu halus, masukkan sereh yang telah digeprek, salam dan laos. Masukkan garam, dan kaldu jamur agak banyak karena akan dimasak dengan nasi..
  3. Masak sampai harum, masukkan santan instan, aduk rata. matikan..
  4. Masukkan bumbu yang terlah ditumis ke dalam magic com. Aduk rata dengan beras. Beri air 1,5 cup (untuk 2 cup beras)..
  5. Tunggu sampai nasi matang..
  6. Untuk membuat sambal bisa, potong tipis sereh bagian putihnya haluskan bersama cabai merah, terasi, dan garam..
  7. Jika sudah, masukkan bumbu halus tersebut ke dalam kelapa parut, aduk rata. Tes rasa. Jika sudah pas, kukus selama 15-20menit..
  8. Jika sudah matang, angkat. siapkan kacang panjang, iris tipis. Campurkan ke dalam kelapa yang sudah dibumbu dan dikukus tadi. Aduk rata..
  9. Sajikan nasi kuning bersama sambal bisa, lebih nikmat jika diberi pelengkap seperti mie goreng, telur dadar iris, abon, perkedel, sesuai selera..

Jika ingin membuat varian rasa pedas, telur disuntikkan dengan sambal sebelum dibalutkan adonan. Nasi kuning khas Makassar adalah kuliner nasi kuning lain yang wajib dicicip. Untuk mencicipinya kamu bisa ke Nasi Kuning Riburane yang berlokasi di Jalan Riburane, Pattunuang, Makassar. Mungkin nasi kuning bisa menjadi alternatifnya. Khas Brebes Asli Enak – Telur ( telor ) asin adalah jenis kuliner khas brebes jawa tengah yang Jenis telur ( telor ) yang diasinkan pada umumnya adalah telur bebek atau itik, namun bisa di Baca Juga Resep Lainnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kuning sambal bisa khas brebes yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!