Resep Sayur asam Surabaya Anti Gagal

Diposting pada

Sayur asam Surabaya. Lagi bikin sayur yang seger nih.sayur asem sederhana ala suroboyo lauknya pepes ikan bandeng. Alhamdulillah makan siangnya muantap temen rekk ?? Resep Sayur asam Surabaya. Lihat juga resep Sayur asam surabaya enak lainnya.

Resep Sayur asam Surabaya Anti Gagal Sesuai namanya, rasa asem-lah yang membuat kelezatannya dinantikan oleh banyak orang, terkhusus masyarakat Betawi. Rasa asam ini bisa hadir dari tiga macam sumber asam, yaitu. Tambahkan garam, gula pasir dan asam muda, didihkan.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asam surabaya yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam surabaya yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asam surabaya, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur asam surabaya enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Lagi bikin sayur yang seger nih.sayur asem sederhana ala suroboyo lauknya pepes ikan bandeng. Alhamdulillah makan siangnya muantap temen rekk ?? Resep Sayur asam Surabaya. Lihat juga resep Sayur asam surabaya enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asam surabaya yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur asam Surabaya menggunakan 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur asam Surabaya:

  1. Sediakan 2-3 buah kacang panjang.
  2. Ambil 1 buah krai.
  3. Sediakan 5-6 batang kangkung.
  4. Siapkan Segenggam kecambah kedelai.
  5. Gunakan 2 buah jagung manis.
  6. Siapkan 1 genggam kacang tanah.
  7. Ambil 5-6 buah belimbing wuluh.
  8. Siapkan 2-3 siung bawang putih.
  9. Gunakan 4-5 siung bawang merah.
  10. Siapkan secukupnya Terasi.
  11. Siapkan secukupnya Gula.
  12. Siapkan secukupnya Garam.
  13. Ambil secukupnya Penyedap rasa.
  14. Ambil 2 buah kemiri(opsional).
BARU  Bagaimana Menyiapkan Sayur asem jawa Anti Gagal

Sajikan sayur asam dengan ikan goreng dan sambal terasi. Masukkan air ke dalam wajah, lalu anda panaskan air hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih, anda bisa menghaluskan bawang merah, terasi, kemudian garam dan gula. Setelah air tersebut sudah mendidih, kemudian masukkan samua sayuran, lengkuas, bumbu uleg dan air asem.

Cara membuat Sayur asam Surabaya:

  1. Rebus air sampai mendidih setelah itu masukkan kacang tanah biarkan sampai matang, masukkan jagung biarkan sampai matang kira kira 10 menit.
  2. Uleg bumbu atau bisa juga di iris tipis (saya diiris).
  3. Masukkan sayur lainnya biarkan sampai matang.
  4. Masukkan gula garam dan penyedap rasa.
  5. Koreksi rasa.
  6. Sayur asam siap dinikmati.

Saat pergi ke Surabaya kemarin, saya agak terkejut ketika mampir ke warung makan dan memesan sayur asem. Isian dari sayur asem ini berbeda dengan yang biasanya saya makan di Jakarta. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai. Dari segi rasa, sayur asem Jawa Timur lebih ringan, tapi tetap terasa segar, pedas, dan gurih yang nikmat. Sayur asem jenis ini menggunakan daun melinjo, labu siam, kacang panjang, melinjo, kacang tanah, dan terkadang ditambahkan juga nangka muda dan potongan jagung.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur asam surabaya yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!