Cara Gampang Menyiapkan Mie ayam wonogiri yang Lezat

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Mie ayam wonogiri yang Lezat

Mie ayam wonogiri. Lihat juga resep Mie Ayam Wonogiri enak lainnya. Paling suka makan mie ayam mencoba cari" resep dr youtube asli dr org wonogiri ternyata rasanya enak bgt.alhasil srg bikin kadang jg buat jual melalui online. Adalah Mi ayam atau Mie Ayam salah satu makanan khas dari kabupaten Wonogiri, yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di Nusantara bahkan mancanegara.

Cara Gampang Menyiapkan Mie ayam wonogiri yang Lezat Kali ini bikin Mie Ayam dengan resep asli Wonogiri. Kalau kata orang-orang sih memang bakso dan mie ayam itu asalnya dari Soloraya. Makanya kebanyakan resep asli sini yang paling enak terutama Wonogiri.

Anda sedang mencari ide resep mie ayam wonogiri yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mie ayam wonogiri yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mie ayam wonogiri, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan mie ayam wonogiri enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Mie Ayam Wonogiri enak lainnya. Paling suka makan mie ayam mencoba cari" resep dr youtube asli dr org wonogiri ternyata rasanya enak bgt.alhasil srg bikin kadang jg buat jual melalui online. Adalah Mi ayam atau Mie Ayam salah satu makanan khas dari kabupaten Wonogiri, yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di Nusantara bahkan mancanegara.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mie ayam wonogiri yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mie ayam wonogiri memakai 31 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mie ayam wonogiri:

  1. Ambil 1/2 kg mie basah.
  2. Ambil 300 gr dada ayam.
  3. Siapkan 4 batang daun bawang.
  4. Siapkan 2 batang serai memarkan.
  5. Gunakan 2 lembar daun salam.
  6. Sediakan 5 lembar daun jeruk.
  7. Ambil 2 ruas jari lengkuas memarkan.
  8. Ambil Secukupnya gula jawa & kecap manis.
  9. Gunakan Secukupnya garam, gula pasir dan penyedap rasa.
  10. Sediakan Bumbu ayam :.
  11. Sediakan 4 siung bawang merah.
  12. Ambil 3 siung bawang putih.
  13. Sediakan 1/2 sdt ketumbar butir.
  14. Sediakan 1/2 sdt merica butir.
  15. Gunakan 1 ruas jari kunyit.
  16. Gunakan 2 ruas jari jahe.
  17. Sediakan Bahan pelengkap :.
  18. Siapkan Saos, kecap, sambal.
  19. Ambil Bawang goreng.
  20. Siapkan Irisan daun bawang.
  21. Siapkan Sawi hijau.
  22. Siapkan Bahan minyak bawang :.
  23. Ambil 150 ml minyak goreng.
  24. Sediakan 40 gr kulit ayam.
  25. Siapkan 1/2 sdt ketumbar butir.
  26. Siapkan 3 siung bawang putih memarkan.
  27. Siapkan Bahan kuah.
  28. Gunakan secukupnya Air.
  29. Ambil 3 siung bawang putih.
  30. Sediakan 1/3 bawang bombay iris tipis.
  31. Sediakan Secukupnya garam, royco ayam, merica bubuk, irisan daun bawang.
BARU  Bagaimana Membuat Nasi bakar simple yang Bisa Manjain Lidah

Aku paling anti jajan bakso atau mie ayam di daerah rantau karena rasanya pasti beda dengan yang dijual di kampung halaman. Karena aku sudah lama ngidam Mie Ayam Pakde Wonogiri, kami menjalankan motor ke arah sana. Lokasinya di Karangtengah Kidul, Margosari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Kami berangkat dari Sewon, Bantul dengan mengambil rute Jalan Wates.

Langkah-langkah membuat Mie ayam wonogiri:

  1. Siapkan semua bahan, cuci bersih.
  2. Filet daging ayam dri tulangnya (sisihkan tulang utk membuat kuah), potong kecil2 ayam, iris kasar daun bawang, haluskan bumbu halus, kemudian tumis bumbu halus, tambahkan lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk aduk2 biarkan sampai matang, kemudian masukkan potongan ayam dan gula jawa, tumis sampai ayam pucat, tambahkan air beri garam, gula pasir, penyedap rasa dan kecap, masukkan irisan daun bawang masak sampai mendidih, koreksi rasa, masak sampai air agak berkurang dan matang.
  3. Cara membuat minyak bawang : panaskan minyak, setelah panas masukkan kulit ayam, tunggu setengah matang kemudian masukkan bawang putih dan ketumbar biarkan sampai kulit ayam kering, setelah kulit kering biarkan dingin, dan saring minyak tempatkan pada botol, ambil bawang putih tadi masukkan dlm botol juga.
  4. Cara membuat kuah: rebus air, tunggu hingga mendidih, sambil menunggu tumis bawang putih dan bawang bombay, setelah mendidih masukkan tulang ayam dan tumisan bawang tambahkan merica bubuk, garam dan tambahkan sedikit daun bawang yg bagian bawahnya saja masak sampai benar2 mendidih.
  5. Setelah semua bahan matang, rebus mie dan sawi hijau tiriskan, siapkan mangkok beri minyak bawang dan sedikit kecap manis, tambahkan mie di atasnya, sawi hijau, ayam, saos, sambal, irisan daun bawang jng lupa tambahkan bawang goreng, mie ayam siap disajikan.
  6. Catatan : saat masak ayam gula jawa dan kecap sesuai selera, kalau saya suka manis jadi aku pke agak banyak sampai ayam berwarna kuning kecoklatan. Selamat mencoba..

Saking populernya, mie ayam Wonogiri juga bermigrasi bersama warganya ke Jakarta. Anda bisa menikmati semangkuk nikmat dan gurihnya mie ayam khas Wonogiri pada beberapa warung di. Mie Ayam Cah Wonogiri, Adisucipto merupakan salah satu outlet merchant kuliner Gojek. Untuk melakukan pemesanan via aplikasi Go Food langsung ketik kata kunci di kolom pencarian "Mie Ayam Cah Wonogiri" maka nama brand kuliner ini akan langsung muncul di layar. Tetapi sayangnya Mie Ayam Tumini dan Pakdhe Wonogiri kurang cocok buat yang nggak suka keramaian dan antre.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mie ayam wonogiri yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!