Resep Sayur Asem Bening, Enak Banget

Diposting pada
Resep Sayur Asem Bening, Enak Banget

Sayur Asem Bening. Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. Sayur asem bening adalah salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan dasar sayur-sayuran yang direbus dan memakai banyak rempah-rempah, sehingga membuat rasa dari makanan ini sangat. Lebih familiar dengan sayur asem ala sunda?

Resep Sayur Asem Bening, Enak Banget Resep Sayur Asem Bening Sederhana Spesial Asli Enak. Sayur asem adalah campuran sayuran labu siam, buncis bisa ganti kacang panjang, jagung manis, biji melinjo dan daun melinjo yang diberikan. Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia.

Anda sedang mencari ide resep sayur asem bening yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem bening yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. Sayur asem bening adalah salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan dasar sayur-sayuran yang direbus dan memakai banyak rempah-rempah, sehingga membuat rasa dari makanan ini sangat. Lebih familiar dengan sayur asem ala sunda?

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem bening, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem bening enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur asem bening sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem Bening memakai 13 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Asem Bening:

  1. Siapkan 1 bonggol jagung, potong-potong.
  2. Siapkan 1 bh labu siam, potong-potong.
  3. Sediakan 1 bh wortel, iris.
  4. Sediakan 15 bh buncis, potong-potong.
  5. Ambil 2 siung bawang putih, iris tipis.
  6. Sediakan 2 btr bawang merah, iris tipis.
  7. Ambil 1 ruas lengkuas, geprek.
  8. Ambil 1 lbr daun salam.
  9. Gunakan 1 bh asam jawa.
  10. Sediakan Garam.
  11. Siapkan Gula pasir.
  12. Siapkan Kaldu bubuk.
  13. Ambil secukupnya Air.
BARU  Resep Pancake mini yang Menggugah Selera

Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Resep sayur asem bening jauh lebih sederhana daripada resep sayur asem jawa maupun resep sayur asem sunda karena tidak menggunakan bahan-bahan yang kompleks. Sayur asem khas Jawa biasanya menggunakan bahan-bahan yang lebih sedikit. Umumnya berkuah bening dan menggunakan tauge panjang.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Bening:

  1. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan bawang putih, bawang merah, asam, lengkuas, daun salam..
  2. Masukkan sayuran wortel dan jagung, sesaat kemudian buncis, dan labu Siam..
  3. Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk..
  4. Masak sebentar saja, sajikan..

Bagaimana cara masak sayur asem seperti ini? Ternyata sayur asem ini diberbagai daerah di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing. Rahasia resep sayur bening betawi, jakarta, jawa tengah, jawa timur, jawa barat, ternate, manado. Tidak seperti sayuran lain asem, sayuran asem khas Jawa Tengah adalah bumbu yang cukup diiris saja. Tambahkan gula dan garam sampai terasa benar.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asem bening yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!