Langkah Mudah untuk Membuat Sayur Asam yang Lezat

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Sayur Asam yang Lezat

Sayur Asam. Sayur asem is one of the signature dishes of the Sundanese people. Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Other than sayur asem, you may have heard of dishes such as lalap , karedok (similar to gado-gado , but with the emphasis of using raw vegetables), ayam bekakak/grilled chicken , soto bandung/beef and daikon soup , and ikan.

Langkah Mudah untuk Membuat Sayur Asam yang Lezat The entire dish is based on tamarind, an unusual plant commonly grown in Southeast Asia, which gives the dish a distinctive sour taste. Saat cuaca sedang panas, akan terasa begitu nikmat jika Kita mencoba makan masakan yang enak, segar namun juga gurih seperti sayur asem. Bukan hanya nikmat, sayur asem juga mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Sedang mencari ide resep sayur asam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sayur asem is one of the signature dishes of the Sundanese people. Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Other than sayur asem, you may have heard of dishes such as lalap , karedok (similar to gado-gado , but with the emphasis of using raw vegetables), ayam bekakak/grilled chicken , soto bandung/beef and daikon soup , and ikan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur asam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sayur Asam memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur Asam:

  1. Sediakan 2 buah jagung manis, potong-potong, cuci bersih.
  2. Gunakan 1 ons daun melinjo muda, potong-potong, cuci bersih.
  3. Gunakan 2 sdm kacang tanah, cuci bersih.
  4. Siapkan 1/4 buah labu siam, kupas kulitnya dan potong-potong, cuci bersih.
  5. Sediakan 2 batang kacang panjang, potong-potong, cuci bersih.
  6. Gunakan 1 inci lengkuas digeprek.
  7. Gunakan 1 cm jahe digeprek.
  8. Ambil 2 siung bawang putih dihaluskan.
  9. Gunakan 4 buah bawang merah dihaluskan.
  10. Gunakan 1 sdt terasi yang sudah dibakar, haluskan bersama cabe.
  11. Gunakan 1 lembar daun salam.
  12. Ambil 1 batang cabe merah dihaluskan.
  13. Ambil 3 batang cabe rawit dihaluskan.
  14. Ambil 2 sdm asam jawa dilarutkan dengan 100 ml air.
  15. Gunakan 2 sdm gula merah yang diiris halus.
  16. Siapkan 2 sdt gula pasir.
  17. Ambil 1/2 sdt ajinomoto.
  18. Gunakan 1 1/2 sdt garam.
  19. Gunakan 1100 ml air.
BARU  Resep Sayur asem betawi, Enak

Rasa asam ini bisa hadir dari tiga macam sumber asam, yaitu asam jawa, asam muda, dan asam kandis. Kali ini sayurbox akan memberikan resep sayur asem dari berbagai wilayah di Indonesia yang ternyata bahan, resep dan rasanya berbeda sesuai dengan daerah masing – masing antara lain : sayur asem betawi, sayur asem banjar, sayur asem lombok. Resep Sayur Asem – Sayur asem merupakan salah satu sayur yang mudah dimasak dan dihidangkan dalam waktu kapan saja. Selain mudah dimasak, bahan-bahan dari resep sayur asem cukup mudah didapat dan tidak membutuhkan uang yang mahal-mahal.

Langkah-langkah membuat Sayur Asam:

  1. Tuang air ke dalam wajan. Masukkan kacang tanah dan jagung. Rebus hingga mendidih. Lalu tambahkan kacang panjang, rebus kembali..
  2. Masukkan semua bumbu halus (cabe rawit, cabe merah, terasi, bawang putih, dan bawang merah), jahe, lengkuas, daun salam, dan daun melinjo. Biarkan terus mendidih..
  3. Tambahkan air asam jawa, gula merah, gula pasir, ajinomoto, dan garam. Diaduk hingga larut merata..
  4. Sambil dikoreksi rasanya. Bila sudah mendidih dan semuanya matang, silakan diangkat.

Dan yang paling penting, sayur asem sangat sehat dibandingkan anda memakan junk food mahal dan belum tentu bernutrisi. Sayur asem banyak dijual di restoran yang menjual makanan khas Sunda, khas Betawi atau banyak juga di warteg-warteg yang berjualan di pinggir jalan. Kamu pasti pernah merasakan rasa sayur asem yang asam dan manis, ada juga yang asam, asin dan sedikit pedas selain itu ada juga yang kuahnya bening atau yang berwarna merah. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur. Biasanya juga menggunakan kaldu daging sapi atau ayam untuk memperkaya rasa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!