Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Telur Tahu, Lezat Sekali

Diposting pada

Opor Ayam Telur Tahu. Lihat juga resep Opor Tahu Telor enak lainnya. Resep lezat dan sederhana dari Indonesia. Menjelang Lebaran, harga daging ayam dan sapi biasanya mulai naik.

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Telur Tahu, Lezat Sekali Lihat juga resep ?Opor Putih Ayam Telur enak lainnya. Opor tahu telur ini salah satu lauk favorit Yodha. Sayur kuning ini seperti opor yang gurih rasanya dan enak di makan dengan bubur nasi di pagi hari.

Lagi mencari ide resep opor ayam telur tahu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam telur tahu yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam telur tahu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam telur tahu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Opor Tahu Telor enak lainnya. Resep lezat dan sederhana dari Indonesia. Menjelang Lebaran, harga daging ayam dan sapi biasanya mulai naik.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah opor ayam telur tahu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Opor Ayam Telur Tahu memakai 22 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Opor Ayam Telur Tahu:

  1. Gunakan 1 ekor ayam kampung (aku : 1/2 kg ayam).
  2. Sediakan 3 sachet santan kara (aku : 2 sachet santan kara).
  3. Siapkan 3 butir telur rebus (sesuai selera).
  4. Sediakan tahu secukupnya (tambahan dari aku).
  5. Gunakan Bumbu halus :.
  6. Sediakan 8 bawang merah.
  7. Sediakan 4 bawang putih.
  8. Sediakan 4 butir kemiri.
  9. Ambil 1 sdm ketumbar.
  10. Ambil 1/2 sdt lada bubuk.
  11. Sediakan 3 cm kunyit.
  12. Gunakan 1 cm kencur.
  13. Gunakan Bumbu geprek :.
  14. Ambil 2 cm lengkuas.
  15. Sediakan 2 batang serai.
  16. Sediakan 2 lembar daun salam.
  17. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  18. Siapkan Kayu manis (tanpa geprek).
  19. Gunakan secukupnya Garam,penyedap.
  20. Gunakan Pelengkap :.
  21. Sediakan Daun bawang (aku : skip).
  22. Sediakan Bawang goreng.
BARU  Cara Gampang Membuat Ayam tangkap Anti Gagal

Tapi buat makan nasi biasa pun enak.apalagi di tambah sambel tomat yang pedes gitu. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Tapi Emaknya nggak mau rugi, karena ayam kampung sayang kan jika nggak di buat kaldu dulu, jadi sebelum di ungkep di buat kaldu dulu. Bikin opornya tetep, tapi opor tahu tempe.hahah.

Cara menyiapkan Opor Ayam Telur Tahu:

  1. Potong-potong ayam cuci bersih lalu masak dengan air mendidih.
  2. Sambil nunggu ayam dimasak siapkan bumbu halus dan bumbu geprek.
  3. Panaskan wajan dan minyak, tumis semua bumbu hingga harum.
  4. Masukkam bumbu ke dalam air yang berisi ayam masak hingga ayam empuk.
  5. Setelah ayam benar-benar empuk beri garam dan penyedap masukkan telur, tahu dan santan kara tunggu hingga mendidih aduk-aduk.
  6. Beri bawang goreng matikan kompor dan siap di hidangkan.

Biar ada aroma ayam, jadi opornya pakai kaldu ayam kampungnya. Jadinya.*win-win solution kan.tetap kok aromanya opor ayam, tapi isinya tahu tempe.hahah. Dahulu masyarakat Jawa Tengah membuat opor ayam menggunakan ayam jago atau ayam jantan dewasa dan berisi daging ayam saja. Opor ayam tahu bumbu kuning Opor ayam tahu bumbu kuning. Bumbu halus: Sajian opor telur ini rasanya lezat dengan kuah gurih yang melengkapinya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan opor ayam telur tahu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!