Resep Sayur Asam Jakarta yang Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur Asam Jakarta yang Menggugah Selera

Sayur Asam Jakarta. Indonesian sayur Sayur Asem Jakarta, resep, asli, Indonesia, step-by-step. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang.

Resep Sayur Asam Jakarta yang Menggugah Selera Sayur asem merupakan salah satu sayuran berkuah favorit nih, karena memang rasanya yang segeeerrr apalagi kalau masih anget-anget ya. Nah, untuk #PekanCooksnap kali ini saya bikin Sayur Asem Jakarta yang konon biasa disajikan di masyarakat Betawi ketika sedang berkumpul bersama. Dari kuahnya memang terlihat lebih keruh dan sedikit merah ya karena bumbunya yang diulek dengan tambahan cabe.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asam jakarta yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam jakarta yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam jakarta, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asam jakarta yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Indonesian sayur Sayur Asem Jakarta, resep, asli, Indonesia, step-by-step. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayur asam jakarta yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur Asam Jakarta memakai 16 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur Asam Jakarta:

  1. Ambil 3 biji Wortel.
  2. Siapkan 2 biji Labu siam.
  3. Ambil 5 biji Kacang panjang.
  4. Siapkan 2 biji Jagung manis.
  5. Siapkan 1 ons Kecambah kedelai.
  6. Siapkan Asam jawa.
  7. Gunakan Daun salam.
  8. Sediakan 3 biji Lengkuas.
  9. Sediakan 10 biji Bawang merah.
  10. Siapkan 5 biji Bawang putih.
  11. Siapkan 2 biji Cabai merah besar.
  12. Siapkan 3 biji Kemiri.
  13. Ambil Cabai rawit.
  14. Sediakan Gula.
  15. Sediakan Garam.
  16. Ambil Penyedap rasa.

Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia. Salah satu yang cukup populer adalah Sayur Asem Jakarta. Ciri khas yang membedakan resep sayur asem Jakarta dengan sayur asem yang lainnya adalah penggunaan bumbu cabe dan kemiri yang dihaluskan.

BARU  Resep Sayur bening katuk wortel dan oyong yang Lezat Sekali

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asam Jakarta:

  1. Potong sesuai selera wortel, kacang panjang dan labu siam.
  2. Selanjutnya potong jagung manis menjadi bentuk lingkaran, kalau jagungnya besar bisa dipotong lagi jadi setengah lingkaran.
  3. Siapkan bumbu halus. Bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan kemiri di goreng/tumis dulu sampai matang. Untuk menggorengnya satu2 ya jangan langsung dicampur semua tp ditumis satu persatu. Ketika menggoreng harus selalu diaduk agar semua bagian matang dan tidak gosong pada bagian tertentu. Setelah matang, haluskan dengan diberi garam secukupnya..
  4. Ini penampakan setelah dihaluskan hehehehe.
  5. Sambil menyiapkan bahan2 diatas, didihkan air untuk kuah sayurnya (secukupnya saja). Setelah air mendidih, masukkan jagung, kecambah kedelai dan lengkuasnya. Untuk lengkuasnya sebelumnya harus digeprek dulu ya gais.
  6. Setelah jagung dan kecambah kedelai matang, masukkan sayuran yang lain.
  7. Kemudian, ambil asam jawa secukupnya lalu rendam dengan air panas (aku pakai air dari kuah sayuran tadi).
  8. Selanjutnya, masukkan bumbu yg telah dihaluskan tadi (poin 4). Aduk hingga merata tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.
  9. Setelah semua sayuran matang, sayur asam jakarta siap dihidangkan :).

Jakarta – Makan siang jadi makin lahap ditemani sayur asem Jakarta. Isiannya komplet, enak dimakan hangat dengan sambal, ikan goreng atau ayam goreng. Sayur asem atau sayur asem, sesuai dengan namanya merupakan beragam jenis sayuran yang direbus. Kemudian diberi kuah dengan bumbu cabe dan larutan asam Jawa. Sayur yang biasanya berisi kacang panjang, kacang tanah, nangka muda, daun dan buah melinjo, serta potongan jagung ini biasanya ada di rumah makan yang menyediakan masakan Betawi atau masakan Sunda.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur Asam Jakarta yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!