Resep Opor Pedas Ayam Kampung Khas Cepu Anti Gagal

Diposting pada
Resep Opor Pedas Ayam Kampung Khas Cepu Anti Gagal

Opor Pedas Ayam Kampung Khas Cepu.

Resep Opor Pedas Ayam Kampung Khas Cepu Anti Gagal

Lagi mencari ide resep opor pedas ayam kampung khas cepu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor pedas ayam kampung khas cepu yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor pedas ayam kampung khas cepu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor pedas ayam kampung khas cepu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan opor pedas ayam kampung khas cepu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Opor Pedas Ayam Kampung Khas Cepu menggunakan 18 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Opor Pedas Ayam Kampung Khas Cepu:

  1. Siapkan 1/2 ekor ayam kampung, potong 4.
  2. Sediakan 130 ml santan instan.
  3. Ambil 800 ml air.
  4. Siapkan 4 lembar daun salam.
  5. Ambil 4 lembar daun jeruk.
  6. Ambil 2 batang sereh.
  7. Siapkan 1 ruas lengkuas, memarkan.
  8. Siapkan 1 sdt garam, kaldu bubuk, gula pasir.
  9. Gunakan Bawang goreng untuk taburan.
  10. Gunakan Bumbu yang dihaluskan :.
  11. Ambil 8 siung bawang merah.
  12. Ambil 8 buah cabe rawit merah.
  13. Sediakan 4 siung bawang putih.
  14. Sediakan 3 butir kemiri.
  15. Ambil 1 buah cabe merah besar.
  16. Sediakan 1 ruas kunyit.
  17. Gunakan 1 ruas jahe.
  18. Siapkan 1 sdt merica butir.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam ungkep bumbu kuning, Enak Banget

Langkah-langkah membuat Opor Pedas Ayam Kampung Khas Cepu:

  1. Bersihkan ayam, potong2 lalu rebus sebentar biar kotorannya hilang. Buang airnya lalu tiriskan. Haluskan semua bumbu halus..
  2. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, kemudian tambahkan sereh, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas sampai wangi dan minyaknya keluar..
  3. Masukkan ayam ke dalam bumbu sampai rata, lalu tambahkan air, gula, garam, merica dan kaldu jamur lalu aduk. Tunggu sampai mendidih..
  4. Jika sudah mendidih, masukkan santan aduk-aduk sebentar lalu tutup dan masak dengan api kecil selama 45 menit sambil di cek airnya..
  5. Koreksi rasa, jika sudah empuk ayamnya matikan kompor..
  6. Sajikan dengan taburan bawang goreng. Selamat menikmati..

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor Pedas Ayam Kampung Khas Cepu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!