Resep Opor Ayam Kuah Merah, Sempurna

Diposting pada
Resep Opor Ayam Kuah Merah, Sempurna

Opor Ayam Kuah Merah. Kelezatan opor ayam, terletak pada perpaduan bumbu, kuah kental dan kelembutan daging ayam. Selain itu, taburan bawang merah di atasnya membuat menu makanan satu ini lebih gurih dan lezat. Masakan opor ayam ini terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, terasi, daun salam, lengkuas dan Baca Juga : Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri dan Kuah Bakso Gurih.

Resep Opor Ayam Kuah Merah, Sempurna Selain ketupat, sebenarnya hidangan berkuah ini pun akan sangat nikmat ketika disantap. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam kuah merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kuah merah yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kuah merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam kuah merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Kelezatan opor ayam, terletak pada perpaduan bumbu, kuah kental dan kelembutan daging ayam. Selain itu, taburan bawang merah di atasnya membuat menu makanan satu ini lebih gurih dan lezat. Masakan opor ayam ini terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, terasi, daun salam, lengkuas dan Baca Juga : Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri dan Kuah Bakso Gurih.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam kuah merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuah Merah memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Ungkep, Bikin Ngiler

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Opor Ayam Kuah Merah:

  1. Sediakan 1/2 kg ayam (6 potong).
  2. Siapkan 2 cm jahe geprek.
  3. Gunakan 2 cm lengkuas geprek.
  4. Gunakan 2 batang serai geprek.
  5. Ambil 2 lembar daun salam.
  6. Sediakan 1 1/2 sdm garam (kira2 aja secukupnya).
  7. Gunakan 1/2 sdt merica.
  8. Siapkan 1/2 sdt penyedap ayam.
  9. Ambil 800 ml air.
  10. Gunakan 200 ml santan (kata 65+air).
  11. Ambil Bumbu halus.
  12. Sediakan 6 siung bamer.
  13. Siapkan 3 siung baput.
  14. Gunakan 2 buah kemiri.
  15. Sediakan 2 cabe tanjung buang biji (resep asli 5).

Lalu ambil bagian putih serai dan memarkan. Buang biji cabai merah yang sudah disiapkan. Resep opor ayam – Rempah-rempah merupakan bahan masakan khas Indonesia, dan hanya bisa di temukan di Indonesia, sejak dahulu, rempah-rempah telah menjadi bahan favorit bahkan pernah dijadikan rebutan oleh bangsa asing sampai menimbulkan penjajahan. Untuk resep masakan opor ayam yang memakai kuah mungkin sudah tak asing lagi, tapi untuk resep membuat opor Resep membuat opor ayam kuah.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Kuah Merah:

  1. Cuci bersih ayam sisihkan. Halus kan bumbu halus sisihkan.
  2. Rebus ayam sampai agak matang. Angkat tiriskan..
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi masukan salam sereh jahe dan lengkuas..
  4. Setelah bumbu matang tambahkan air aduk2 sebentar kemudian masukan ayam..
  5. Tambahkan air santan kemudian garam merica dan penyedap. Tes rasa (bisa tambah sedikit gula pasir) Masak sampai bumbu meresap. Siap di sajikan..

Mungkin dari namanya saja Anda merasa penasaran. Masak opor ayam dengan resep opor ayam yang sederhana, yuk! Kurang lengkap rasanya kalau Hari Raya tanpa menyantap masakan khas Lebaran, salah satunya adalah opor ayam. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda. Ada opor ayam kuah kuning, putih, bahkan merah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam kuah merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!