Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem Bening Solo yang Lezat

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem Bening Solo yang Lezat

Sayur Asem Bening Solo. Sayur asem ini sayur favorit aku dari dulu, kalau model sayur asem Jakarta warnanya merah dan rempahnya sangat berasa, tapi kalau di Solo memang bening seperti ini tapi nggak kalah mantep rasanya. Sayur asem bening dari kota Solo ini punya ciri khas kuahnya yang bening dan segar karena tanpa kemiri. Berbeda dengan sayur asem Betawi yang lebih keruh kua.

Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem Bening Solo yang Lezat Sayur Asem Bening ala Solo, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Lihat juga resep Sayur asem khas solo enak lainnya. Kali ini aku bikin sayur asem bening cara bikinnya mudah banget alias gampang ya.

Anda sedang mencari ide resep sayur asem bening solo yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem bening solo yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur asem ini sayur favorit aku dari dulu, kalau model sayur asem Jakarta warnanya merah dan rempahnya sangat berasa, tapi kalau di Solo memang bening seperti ini tapi nggak kalah mantep rasanya. Sayur asem bening dari kota Solo ini punya ciri khas kuahnya yang bening dan segar karena tanpa kemiri. Berbeda dengan sayur asem Betawi yang lebih keruh kua.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem bening solo, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur asem bening solo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asem bening solo yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Bening Solo memakai 18 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur Asem Bening Solo:

  1. Gunakan 1 bks paket sayur asem yang udah di plastikin.
  2. Sediakan Sayur tambahan sendiri :.
  3. Ambil 1 buah Jagung.
  4. Ambil 1/2 potong terung ungu.
  5. Siapkan 1/2 buah Labu siam.
  6. Siapkan Secukupnya Kol (kubis).
  7. Gunakan 10 pcs kacang panjang.
  8. Gunakan 10 tangkai daun melinjo.
  9. Sediakan 3 pcs Bawang Putih.
  10. Gunakan 2 pcs Bawang Merah.
  11. Sediakan 5 pcs Cabai rawit.
  12. Gunakan 2 pcs Cabai merah.
  13. Ambil 1 ruas jari Asem jawa.
  14. Sediakan 2 ruas jari lengkuas.
  15. Sediakan 1 lembar daun salam.
  16. Sediakan 3 sdt Garam.
  17. Sediakan 1 sdt Penyedap Rasa (Royco).
  18. Gunakan Secukupnya Air.
BARU  Resep Bening Bayam? yang Lezat

Lihat juga resep Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang) enak lainnya. Sayur asem solo ini, bumbu nya di iris jadi agak bening kuahnya. Jika belum, sayur asem bisa jadi menu andalan Anda hari ini. Berbuka puasa dengan suatu yang segar memang sangatlah cocok, apalagi jika sayur asemnya dihidangkan selagi hangat dan ditemani dengan tempe atau tahu hangat.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Bening Solo:

  1. Potong-potong sayur asem yang satu paket di plastik, lalu potong-potong juga sayur tambahan.
  2. Iris-iris juga bawang putih dan bawang merah, cabai rawit dan cabai merah.
  3. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan jagung yang telah dipotong-potong.
  4. Masukkan juga bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, lengkuas, daun salam, asem Jawa dan belimbing wuluh (potong2 kasar terlebih dahulu), belimbing wuluh bisa di skip kalau nggak suka.
  5. Setelah jagung dirasa sudah cukup lunak, masukkan labu dan terung yang sudah dipotong-potong, tunggu sekitar 7 menit.
  6. Lalu masukkan sayur kol, kacang panjang dan daun melinjo.
  7. Masukkan garam dan penyedap rasa, koreksi rasa.
  8. Sayur siap dihidangkan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak sayur asem. jamieoliver.com. Sayur asem khas Solo. foto: Instagram/@dapurkreasi. Sayur asem termasuk sajian sehat yang menyegarkan. Masakan ini terkenal akan rasanya yang segar dan bahan-bahannya mudah didapat. Lihat juga resep Sayur Asam Bumbu Instan, Sayur Asem enak lainnya!

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur Asem Bening Solo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!