Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem (Sunda- Jawa), Lezat

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem (Sunda- Jawa), Lezat

Sayur Asem (Sunda- Jawa). Sayur asem Sunda tentu berbeda dengan sayur asem Jawa dan Betawi. Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas.

Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem (Sunda- Jawa), Lezat Sayur asem jadi salah satu masakan rumahan yang memiliki berbagai cara dan beragam resep untuk membuatnya karena hampir di berbagai daerah ada cita rasa yang berbeda dan khas untuk sayur asem. Bahan-bahan yang digunakan bisa dimodifikasi sesuai selera. Bisa juga menggunakan kaldu ayam, kangkung, kembang kol, atau wortel.

Anda sedang mencari ide resep sayur asem (sunda- jawa) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem (sunda- jawa) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem (sunda- jawa), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asem (sunda- jawa) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Sayur asem Sunda tentu berbeda dengan sayur asem Jawa dan Betawi. Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asem (sunda- jawa) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem (Sunda- Jawa) menggunakan 22 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur Asem (Sunda- Jawa):

  1. Gunakan Jagung manis.
  2. Sediakan Labu siam atau jepang.
  3. Ambil Kacang panjang.
  4. Ambil Melinjo.
  5. Siapkan Daun melinjo.
  6. Siapkan Kacang tanah.
  7. Gunakan Nangka muda.
  8. Ambil Pepaya muda.
  9. Siapkan 2 lmbr Daun salam.
  10. Ambil 1 ruas Lengkuas.
  11. Ambil Asam kandis / Asem Jawa / Asem tamarin (bebas pilih secukupnya).
  12. Sediakan Air.
  13. Gunakan Garam.
  14. Sediakan Gula merah.
  15. Siapkan Royco ayam/micin.
  16. Sediakan Ketumbar bubuk 1 sdt (optional).
  17. Siapkan Bumbu Halus :.
  18. Ambil 4 butir Bawang merah.
  19. Siapkan 2 butir Bawang putih.
  20. Siapkan 2 buah Cabe Merah.
  21. Sediakan 1 buah Kemiri.
  22. Ambil Terasi udang (optional).
BARU  Cara Gampang Membuat Gulai tongkol daun singkong dan pete Anti Gagal

Sayur asem Betawi menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, cabai merah, daun salam, lengkuas, gula merah, garam, cabau merah keriting, dan asam jawa. Sedangkan untuk sayur asem Sunda, seperti yang sudah dijelaskan di atas menggunakan tambahan bumbu kemiri, terasi, dan cabai rawit serta cabai keriting dalam jumlah yang lebih banyak. Masyarakat Sunda – Jawa Barat juga memiliki sejumlah kuliner khas, termasuk sayur asem. Meskipun memiliki nama sama, ternyata ada sejumlah perbedaan yang menjadi ciri utamanya.

Cara membuat Sayur Asem (Sunda- Jawa):

  1. Potong2 Sayur lalu Cuci tiriskan.
  2. Didihkan Air rebus Jagung melinjo, kacang tanah.
  3. Tuangkan bumbu halus, lengkuas, daun salam, asem kandis kedalam air rebusan.
  4. Tuangkan garam, gula merah, royco, dan ketumbar, masukan sayur lainnya step by step paling terakhir masukan daun salam dan kacang panjang aduk sebentar sampai layu matikan kompor.
  5. Koreksi rasa, sayur asem siap di hidangkan.

Sayur asem sunda umumnya dibuat dengan rasa kuah yang agak pedas dengan menambahkan irisan cabe hijau besar. Jawa Barat, sayur asam Sunda cenderung lebih sedikit isinya dan ciri khas yang menonjol adalah menggunakan kacang tanah yang sudah terkupas. Bukan kacang tanah beserta kulit seperti pada sayur asam Betawi, Semarang, sayur asam dominan dengan rasa pedas dan asam. Beda lagi dengan sayur asam Solo yang rasanya tidak tajam dengan bumbu. Sedangkan sayur asem jawa dan sunda, menggunakan buah asem kupas yang sudah tua (berwarna cokelat muda), sehingga kuah akan berwarna keruh.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Asem (Sunda- Jawa) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!