Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asem Jawa Timur yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asem Jawa Timur yang Bisa Manjain Lidah

Sayur Asem Jawa Timur. Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai.

Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asem Jawa Timur yang Bisa Manjain Lidah Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Sedang mencari ide resep sayur asem jawa timur yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem jawa timur yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem jawa timur, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asem jawa timur yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayur asem jawa timur yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Jawa Timur memakai 12 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Asem Jawa Timur:

  1. Gunakan 1 ikat kacang panjang (sekitar 10-15 lenjer).
  2. Gunakan 2 buah timun krai.
  3. Ambil 1 buah jagung manis.
  4. Siapkan 6 butir bawang merah.
  5. Gunakan 3 cm lengkuas, memarkan.
  6. Siapkan 1 batang daun bawang.
  7. Ambil 1 buah tomat besar.
  8. Sediakan 2 lembar daun salam.
  9. Gunakan 1 sendok makan asam jawa.
  10. Ambil 1 liter air.
  11. Siapkan secukupnya garam.
  12. Ambil secukupnya gula pasir.
BARU  Resep Sayur Asem Sederhana yang Lezat Sekali

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Sayur asem Jawa Timur ini layak jadi menu utama ataupun pendamping acara makan-makan dengan keluarga. Jadikan akhir pekan semakin semarak dengan kehadirannya! Lain halnya dengan salah satu versi sayur asem Betawi yang menggunakan oncom serta kacang dengan kulitnya, versi Jawa Timur berbeda.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Jawa Timur:

  1. Potong kacang panjang seukuran 5 cm. Iris tomat sesuai selera, dan kupas timun krai. Iris timun setebal 2 cm, lalu belah. Iris tipis bawang merah. Iris daun bawang sepanjang 3 cm..
  2. Cuci sayur-sayuran dan daun salam dengan air mengalir..
  3. Panaskan air, lalu masukkan semua bahan bersamaan. Setelah itu bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak dengan api besar sampai matang..
  4. Angkat sayur asam dari kompor, lalu sajikan bersama nasi, lauk, dan sambal..

Sayur asem di atas mempunyai ciri khas masig-masing. Sayur asem Jakrta memakai kemiri dan buah melinjo. Kalau sayur asem Jawa Timur memakai krai, kangkung serta asem mentah. Sayur asem mempunyai cita rasa yang segar, asem dan manis. Bahan utama sayur asem biasanya kacang panjang, labu siam , kacang tanah dan kecambah delai tentu dicampur dengan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asem jawa timur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!