Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asam Jawa Timur, Enak Banget

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asam Jawa Timur, Enak Banget

Sayur Asam Jawa Timur. Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem.

Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asam Jawa Timur, Enak Banget Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Masakan simpel-simpel saja, salah satu yang paling sering hadir di meja makan rumah. Lebih komplet lagi kalau ada daun melinjo sama kol.

Lagi mencari ide resep sayur asam jawa timur yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam jawa timur yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asam jawa timur, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur asam jawa timur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur asam jawa timur yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asam Jawa Timur memakai 19 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur Asam Jawa Timur:

  1. Sediakan Sayuran.
  2. Ambil Kangkung.
  3. Ambil Kacang panjang.
  4. Siapkan Kecambah kedelai.
  5. Sediakan Mentimun krai.
  6. Sediakan Bumbu Halus.
  7. Siapkan 10 siung bawang merah.
  8. Ambil 5 siung bawang putih.
  9. Siapkan 1 sdm asam jawa matang.
  10. Ambil 1 sdt terasi.
  11. Ambil 1 buah gula jawa (ukuran kecil).
  12. Gunakan 3 sdt garam.
  13. Gunakan Bumbu utuh.
  14. Gunakan 3 lbr daun salam.
  15. Sediakan 3 ruas jari lengkuas.
  16. Siapkan 3 biji asam muda.
  17. Sediakan Bahan lainnya.
  18. Siapkan secukupnya Air.
  19. Siapkan Minyak utk menumis bumbu.
BARU  Resep Kuah bening sayur oyong dan wortel yang Menggugah Selera

Kalau nggak ada, ganti pakai kangkung juga enak. Terus disajikan bersama sambal tomat mentah. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai. Dari segi rasa, sayur asem Jawa Timur lebih ringan, tapi tetap terasa segar, pedas, dan gurih yang nikmat.

Langkah-langkah membuat Sayur Asam Jawa Timur:

  1. Potong semua sayuran dan cuci bersih.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus, masukkan ke dalam air mendidih bersama semua bumbu utuh.
  4. Masukkan semua sayuran yg sudah dipotong dan dicuci.
  5. Koreksi rasa, dan panaskan sampai mendidih..
  6. Sayur asam siap dihidangkan. Dan lebih cocok ditambahkan lauk ikan asin (pindang) serta sambal tomat.

Kalau penasaran dengan citarasa sayur asem Jawa Timur ini, anda bisa bikin sendiri lho di rumah. Cara Membuat Sayur Asem Jawa Timur Sederhana dan Enak Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Asem Jawa Timur. Pertama, cuci bersih tauge yang telah anda siapkan. Potong labu siam berbentuk dadu, sedangkan untuk ukuran disesuakan dengan selera masing-masing. Sayur asem Jawa Timur merupakan salah satu variasi sayur asem yang sangat digemari terutama di daerah Surabaya, Tuban dan sekitarnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asam jawa timur yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!