Resep Sayur Asem (Jawa Timur) Anti Gagal

Diposting pada
Resep Sayur Asem (Jawa Timur) Anti Gagal

Sayur Asem (Jawa Timur). Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Resep Sayur Asem (Jawa Timur) Anti Gagal Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem (jawa timur) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem (jawa timur) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem (jawa timur), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sayur asem (jawa timur) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asem (jawa timur) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem (Jawa Timur) menggunakan 11 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur Asem (Jawa Timur):

  1. Gunakan Kacang Panjang.
  2. Siapkan Kangkung.
  3. Ambil Timun Krai.
  4. Siapkan Belimbing wuluh / asem jawa.
  5. Sediakan Bumbu.
  6. Sediakan 5 bawang putih.
  7. Ambil 5 bawang merah.
  8. Gunakan 1/2 jempol laos.
  9. Siapkan secukupnya Gula dan garam.
  10. Gunakan Kaldu bubuk/kaldu jamur (optional).
  11. Ambil Air.
BARU  Bagaimana Menyiapkan 152. Kuah Gambas Wortel, Lezat

Dari segi rasa, sayur asem Jawa Timur lebih ringan, tapi tetap terasa segar, pedas, dan gurih yang nikmat. Kalau penasaran dengan citarasa sayur asem Jawa Timur ini, anda bisa bikin sendiri lho di rumah. Di siang hari yang panas, menyantap seporsi sayur asem memberikan sensasi tersendiri. Kuahnya yang asam manis segar, berpadu dengan kerenyahan sayuran di dalamnya memberikan suntikan tenaga baru untuk menghadapi hari.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem (Jawa Timur):

  1. Rebus air kurleb setengah panci sedang hingga mendidih. Lalu masukan sayuran keras (kacang panjang, timun krai). Tunggu hingga sayur agak empuk..
  2. Masukan Kangkung,belimbing wuluh dan bumbu2 yg sudah di iris/rajang.kecuali laos cukup digeprek saja..
  3. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Tunggu hingga semua sayur matang/empuk. Koreksi rasa. Sajikan..

Tidak banyak yang tahu dari mana resep sayur asem ini bermula. Sayur asem yang cukup terkenal di daerah Jawa adalah sayur asem Jawa Timur. Apa yang menjadikan sayur asem Jawa Timur ini begitu terkenal? Penyajiannya dikenal karena menggunakan kecambah dari kedelai sebagai salah satu bahan utama yang digunakan. Bagaimana rasa dari kecambah dari kedelai ini?

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Asem (Jawa Timur) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!