Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem versi Jateng, Sempurna

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem versi Jateng, Sempurna

Sayur Asem versi Jateng. Hari gini udh ada sayur paket untuk sayur asem ditukang sayur, supermakret, minimarket, lokalmarket etc. Sayur asem Jawa punya dua versi, yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jawa Timur identik dengan kangkung dan timun kerai.

Bagaimana Menyiapkan Sayur Asem versi Jateng, Sempurna Seperti kacang tanah, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, jagung, dan asam Jawa. Eits, coba dulu versi yang ini. Sayur asem jawa tengah memakai bumbu yang cukup diiris saja, sehingga kuahnya lebih bening.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem versi jateng yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem versi jateng yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Hari gini udh ada sayur paket untuk sayur asem ditukang sayur, supermakret, minimarket, lokalmarket etc. Sayur asem Jawa punya dua versi, yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jawa Timur identik dengan kangkung dan timun kerai.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem versi jateng, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asem versi jateng enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asem versi jateng sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sayur Asem versi Jateng memakai 14 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Asem versi Jateng:

  1. Siapkan 2 pack sayuran untuk sayur asem.
  2. Siapkan 100 gr kacang tanah kupas yg masih ada kulit ari.
  3. Gunakan 1,5 liter air.
  4. Siapkan 3 buah cabe hijau besar iris.
  5. Ambil 2 cm lengkuas di geprek.
  6. Siapkan 3 lembar daun salam.
  7. Ambil 1/2 keping gula merah.
  8. Ambil 3 bungkus kecil asem jawa.
  9. Siapkan 1 bungkus bumbu racik sayur asem.
  10. Siapkan bumbu halus.
  11. Ambil 7 butir bawang merah.
  12. Ambil 1 keping terasi bakar/goreng.
  13. Gunakan 3 buah cabe merah keriting.
  14. Ambil 2 buah kemiri.
BARU  Bagaimana Membuat Sayur Bening Bayam Jagung Wortel Anti Gagal

KOMPAS.com – Asem-asem merupakan sayur daging sapi kuah bening dari Jawa Tengah dan Kalau rasanya sudah pas, angkat dan tuangkan ke mangkuk saji. Resep 'sayur asem jawa' paling teruji. Eits, coba dulu versi yang ini. Nah kebalikan dari Brebes, bagi anda pecinta sayur asem yang pedas bisa coba versi Jawa Timuran, nih.

Cara menyiapkan Sayur Asem versi Jateng:

  1. Didihkan air di panci. Masukan kacang tanah, nangka, jagung, melinjo tunggu sampai hampir matang..
  2. Masukan bumbu halus bersama garam, gula merah, racik sayur asem, asem jawa tunggu 3 menit.
  3. Lalu masukan sisa semua sayur dan irisan cabe hijau. Dan koreksi sesuai selara..

Di antara jenis sayur asem lainnya di tanah Jawa, sayur asem khas Jawa Timur memang setingkat lebih pedas. Namun kali ini TribunnewsWiki.com akan membahas sayur asem Jawa. Sayur ini terdiri atas berbagai jenis sayur. Dengan demikian, kandungan gizinya tak perlu dipertanyakan lagi. Selain itu, menu ini juga bisa menjadi opsi hidangan buka puasa atau pun sahur.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asem versi jateng yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!