Cara Gampang Membuat Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang Anti Gagal

Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang. Episode masak kali ini miss yzmalicious sharing salah satu olahan ikan tongkol yaitu Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang! Kali ini pakai irisan bunga kecombrang (honje) dan suwiran tongkol. Sambal matah (yang berarti mentah) adalah varian sambal khas dari Bali.

Cara Gampang Membuat Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang Anti Gagal Resep Tongkol Suwir Sambal Matah yang Sangat Nikmat Подробнее. Resep Tongkol Suwir Sambal Matah Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Sambal matah merupakan sambal khas daerah Bali yang mantap.

Lagi mencari ide resep tongkol suwir sambal matah kecombrang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol suwir sambal matah kecombrang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tongkol suwir sambal matah kecombrang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan tongkol suwir sambal matah kecombrang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Episode masak kali ini miss yzmalicious sharing salah satu olahan ikan tongkol yaitu Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang! Kali ini pakai irisan bunga kecombrang (honje) dan suwiran tongkol. Sambal matah (yang berarti mentah) adalah varian sambal khas dari Bali.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan tongkol suwir sambal matah kecombrang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang:

  1. Siapkan 5 potong ikan tongkol yang sudah digoreng.
  2. Ambil 4 buah bunga kecombrang, ambil bagian yg masih muda (me: 2 buah).
  3. Ambil 10 buah cabai rawit merah (me: 5 buah).
  4. Ambil 10 buah cabai merah keriting (me: 5 buah).
  5. Siapkan 10 siung bawang merah (me: 5 siung).
  6. Siapkan 4 lembar daun jeruk.
  7. Ambil 1 batang serai, ambil yang putihnya saja.
  8. Sediakan 1/2 Bks terasi ABC.
  9. Gunakan 4 SDM minyak goreng.
  10. Siapkan Secukupnya gula dan garam.
BARU  Resep Nasi goreng ala 2 anak Anti Gagal

Cara membuat tongkol suwir sambal matah : Suwir-suwir tongkol yang sudah digoreng tadi, sisihkan. Sambah matah yang pertama ialah sambal matah tongkol suwir. Sesuai dengan namanya, sambal matah satu ini mengharuskan Anda untuk menyiapkan ikan tongkol karena akan dijadikan sebagai bahan utamanya. Adapun penjelasan lainnya ialah sebagai berikut.

Langkah-langkah menyiapkan Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang:

  1. Ikan yang sudah di goreng, di suwir2. Sisihkan.
  2. Siapkan semua bahan. Iris2 halus semua bahan, Masukan kedalam wadah atau mangkok, sisihkan. Lalu panas kan minyak goreng untuk goreng terasi. Angkat terasi lalu sisihkan.
  3. Setelah tercampur rata bumbu iris tadi, masukan terasi yg sudah digoreng. Remas2 semua bahan (gunakan sarung tangan plastik yaa, agar tanganya tidak kepanasan cabai ??). Lalu tambahkan garam dan gula secukupnya. Koreksi rasa. Lalu siram dengan minyak panas, sambil diaduk2 agar tercampur rata. minyaknya lebih enak bekas goreng terasi tadi, wanginya khas.
  4. Lalu masukkan ikan tongkol yang sudah disuwir2 tadi. Aduk2 hingga semua tercampur rata.
  5. Siap disajikan.

Resep sambal matah yang satu ini menggunakan kecombrang sebagai pelengkap. Tak hanya menguatkan cita rasa makanan, kecombrang Suwir ikan tongkol menjadi bagian yang kecil-kecil. Haluskan semua bumbu sambal matah dari mulai bawang. Lalu buang airnya dan rebus kembali dengan air. Tongkol suwir sambal matah siap disajikan bersama dengan nasi hangat dan juga kerupuk.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tongkol suwir sambal matah kecombrang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!