Resep Opor ayam tahu putih Anti Gagal

Diposting pada
Resep Opor ayam tahu putih Anti Gagal

Opor ayam tahu putih. Opor ayam tahu kuah putih. foto: Instagram/@susan_gracia. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Resep Opor ayam tahu putih Anti Gagal Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam tahu putih yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam tahu putih yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam tahu putih, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan opor ayam tahu putih enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Opor ayam tahu kuah putih. foto: Instagram/@susan_gracia. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam tahu putih yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor ayam tahu putih menggunakan 21 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Opor ayam tahu putih:

  1. Siapkan 1 ekor ayam pejantan (potong2).
  2. Gunakan 5 buah tahu putih (potong serong).
  3. Siapkan 2 buah santan kara segitiga.
  4. Sediakan 1 ruas jari lengkuas (geprek).
  5. Ambil 1 batang sere (potong & geprek).
  6. Gunakan 2 lembar daun salam.
  7. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  8. Ambil 2 sdt garam.
  9. Siapkan 1 sdt gula pasir.
  10. Sediakan 1/4 sdt lada bubuk.
  11. Siapkan Kaldu bubuk / penyedap (bila suka).
  12. Siapkan 2-3 sdm minyak goreng.
  13. Gunakan 1 liter air.
  14. Siapkan Brambang goreng untuk taburan.
  15. Ambil Bumbu halus :.
  16. Gunakan 6 siung bawang merah.
  17. Sediakan 4 siung bawang putih.
  18. Siapkan 1 ruas jari kunyit.
  19. Siapkan 3 buah kemiri sangrai.
  20. Gunakan 1 sdt ketumbar sangrai.
  21. Ambil 1 ruas jari jahe.
BARU  Resep Garang Asem Ayam Ungkep Dedaunan Anti Gagal

Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak. Kamu bisa bikin opor ayam putih yang rasanya sama-sama enak. Proses Pembuatan Opor Ayam Paduan tahu Tempe.

Cara menyiapkan Opor ayam tahu putih:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta lengkuas, sere, daun salam dan daun jeruk hingga harum..
  2. Masukkan air disusul dengan ayam. Masak hingga mendidih..
  3. Masukkan santan, masak hingga mendidih sambil diaduk..
  4. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk / penyedap dan lada bubuk..
  5. Masukkan tahu. Didihkan kembali. Tes rasa. Taburi dengan brambang goreng. Selamat mencoba..

Daging ayam di cuci bersih lalu di beri tetesan air jeruk nipis, kemudian di goreng hingga setengah matang. Persiapan Bahan Halus Opor Ayam Gurih. Resep opor ayam putih ini bukan hanya pada kuahnya aja, melainkan juga pada ayamnya, jadi si ayam yang mau di opor ini nggak digoreng dulu. Selain memakai tahu, variasi opor ayam juga memakai kentang, di mana semakin menambah rasa gurih dan enak dari opor ayam. Opor Ayam Tahu Istimewa Ala Reni Assalamualaikum bunda.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor ayam tahu putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!