Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan Anti Gagal

Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di Opor ayam merupakan masakan berkuah santan kental berwarna kekuningan. Terdiri dari bahan utama daging ayam dan aneka rembah-rempah lainnya.

Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan Anti Gagal Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat.

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di Opor ayam merupakan masakan berkuah santan kental berwarna kekuningan. Terdiri dari bahan utama daging ayam dan aneka rembah-rempah lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan memakai 14 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan:

  1. Ambil 1/2 kg ayam (sy 4 potong paha).
  2. Gunakan 2 lbr daun salam (skip).
  3. Siapkan 1 btg sereh geprek.
  4. Siapkan 2 lbr daun jeruk.
  5. Sediakan topping : bawang goreng.
  6. Gunakan 150 ml santan kental sedang.
  7. Sediakan ? bumbu halus.
  8. Sediakan 6 siung bawang merah.
  9. Siapkan 4 siung bawang putih.
  10. Gunakan 3 butir kemiri.
  11. Gunakan 1/2 sdm ketumbar.
  12. Gunakan 1/2 ruas kunyit (skip).
  13. Sediakan 1/2 ruas jahe.
  14. Gunakan Secukupnya jinten(skip),lada,minyak,gula,garem.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi liwet sederhana, Menggugah Selera

Resep opor ayam kuning ini disarankan untuk menggunakan ayam kampung, meskipun ayam potong juga tidak masalah, namun jika dengan ayam kampung tentu rasanya akan lebih maknyus karena kaldunya lebih paten dan kental. Apalagi ayam kampung yang lagi bertelor pasti rasanya lebih wah. Cara memasak opor ayam tanpa santan: Tumis bumbu-bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai sampai harum. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit.

Cara membuat Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan:

  1. Bersihkan ayam dan sisihkan. Lalu potong tempe sesuai selera..
  2. Blender bumbu dan tumis hingga harum..
  3. Masukkan ayamnya. Dan tumis bersama bumbu. Masukkan air beri garam lada gula serta penyedap bila perlu. Dan didihkan hingga ayam empuk..
  4. Masukkan tempenya dan tuang santan. Didihkan kembali tunggu hingga resap santan matang. Cicipi rasanya..
  5. Lalu hidangkan dengan lontong atau nasi. Serasa pengen cepat balek kampung..

Sajikan opor bersama irisan lontong atau ketupat dan taburan bawang goreng. Kamu bisa bikin opor ayam putih yang rasanya sama-sama enak. Inilah cara membuat dan resep opor ayam putih untuk sajian Lebaran. Tumis ayam di dalam wajan berisi bumbu halus, kemudian tuang air ke dalamnya. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan Tuangkan air bekas rebusan ayam secukupnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!