Resep Sayur asem jogja, Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Sayur asem jogja, Bikin Ngiler

Sayur asem jogja. Dari dulu pengen bikin masakan ini, tapi baru keturutan sekarang. Dulu sih ibu yg sering masakkin, nah sekarang gantian aku yg masakkin ibu, hehehe. Bisa dicoba gaes, bumbunya di iris semua kok.

Resep Sayur asem jogja, Bikin Ngiler Rasanya yang segar dengan gurih, asam, bahkan manis ini membuat makan menjadi bertambah berselera. Satu paket terdiri dari kacang panjang, kulit melinjo, daun melinjo, terong, labu siam, jagung manis, daun salam, asam segar, cabai merah, dan bumbu kuah sayur asem. Semangkuk sayur asemnya pun tak boleh Anda lewatkan kala mampir ke rumah makan ini.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem jogja yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem jogja yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem jogja, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur asem jogja enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Dari dulu pengen bikin masakan ini, tapi baru keturutan sekarang. Dulu sih ibu yg sering masakkin, nah sekarang gantian aku yg masakkin ibu, hehehe. Bisa dicoba gaes, bumbunya di iris semua kok.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asem jogja yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur asem jogja menggunakan 13 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

BARU  Resep Sayur asem kuning khas Betawi Anti Gagal

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur asem jogja:

  1. Ambil 1/4 kg daging sapi.
  2. Siapkan secukupnya kulit belinjo.
  3. Sediakan 4 buah tahu 500an.
  4. Siapkan 1 ons buncis.
  5. Ambil 2 buah tomat.
  6. Ambil 1/4 ibu jari jahe.
  7. Ambil 1/2 ibu jari laos.
  8. Siapkan secukupnya ebi.
  9. Sediakan 1 papan pete.
  10. Sediakan secukupnya garam.
  11. Sediakan sesuai selera cabe keriting.
  12. Gunakan 5 siung bawang putih.
  13. Siapkan 6 siung bawang merah.

Jika biasanya rasa sayur asem di Jogja dominan manis, berbeda dengan masakan di rumah makan yang satu ini. Mulai dari paket tumis buncis, sayur lodeh, sayur asem, sampai sup makaroni. Kamu juga bisa membeli sayuran per ikat atau per kilogram. Selain itu, ada sejumlah pilihan buah dan daging segar.

Cara membuat Sayur asem jogja:

  1. Rebus daging selama 1 jam.. potong kecil2..
  2. Potong tahu kecil2 lalu di goreng.
  3. Rebus kulit belinjo.
  4. Tumis semua bumbu dan bahan… tambahkan air panas….
  5. Didihkan… n matang deh.

Sayur asem menjadi terasa lebih enak, dengan diberi campuran daging sapi sandung lamur. Aroma daging sapi yang dipadu dengan aneka sayur, sungguh menggugah selera. Sayur asem sandung lamur ini, juga sangat cocok dipadu dengan lauk tempe goreng gurih. Blender kacang hijau dengan jus pandan. Sayur Asem mostly serves with rice, fried chicken, Tempe, or other Indonesian local food.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asem jogja yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!