Resep Nasi liwet khas sunda yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Nasi liwet khas sunda yang Enak Banget

Nasi liwet khas sunda. Nasi liwet khas Sunda tidak kalah nikmat dengan resep nasi liwet aslinya, meskipun nasi liwet berasal di Solo. Nasi liwet khas Sunda ini sangat pas disajikan selagi hangat. Apalagi bila anda menyajikan ditengah kehangatan keluarga anda. (baca juga: Resep Nasi Goreng).

Resep Nasi liwet khas sunda yang Enak Banget Nasi liwet khas Sunda tidak hanya sekedar hidangan saja namun terkandung cerita menarik dibaliknya. Tidak hanya nasinya saja yang dimasak, pada nasi liwet khas Sunda, lauk pun ikut dimasak bersamaan dengan nasi. Nasi liwet sebagai makanan khas Sunda mempunyai cita rasa yang gurih meskipun tidak menggunakan santan.

Anda sedang mencari ide resep nasi liwet khas sunda yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi liwet khas sunda yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi liwet khas sunda, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi liwet khas sunda enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nasi liwet khas Sunda tidak kalah nikmat dengan resep nasi liwet aslinya, meskipun nasi liwet berasal di Solo. Nasi liwet khas Sunda ini sangat pas disajikan selagi hangat. Apalagi bila anda menyajikan ditengah kehangatan keluarga anda. (baca juga: Resep Nasi Goreng).

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi liwet khas sunda yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi liwet khas sunda menggunakan 12 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi liwet khas sunda:

  1. Gunakan 1 Liter beras.
  2. Ambil Bumbu iris :.
  3. Siapkan 4 Butir bawang merah.
  4. Siapkan 2 Butir bawang putih.
  5. Sediakan 2 Buah sereh (Memarkan).
  6. Sediakan 5 Lembar daun salam.
  7. Ambil (Pakai daun jeruk kalo ada biar lebih wangi).
  8. Sediakan Garam, royco & totole.
  9. Sediakan 1 Sdm minyak goreng.
  10. Ambil Toping :.
  11. Gunakan Teri beras goreng.
  12. Gunakan Cabai rawit domba.
BARU  Resep Onde - Onde Kumbu Kacang Hijau Anti Gagal

Rasa gurih yang dimiliki oleh nasi liwet diperoleh dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih. Nasi liwet khas Sunda menggunakan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, sereh, daun salam, lengkuas, cabe, santan, minyak kelapa, dan tak lupa ikan asin. Semua bahan akan dicampurkan ke dalam nasi yang setengah matang. Diaduk dan dimasak bersama sampai matang.

Cara menyiapkan Nasi liwet khas sunda:

  1. Cuci bersih beras, masukan air 1 1/2 Buku jari.
  2. Masukan bumbu yg telah di iris dan bumbu penyedap rasa, serta minyak goreng..
  3. Lalu masak -+1 jam dengan api sangat kecil dan tutup..

Di balik kelezatannya, nasi liwet khas sunda menyimpan cerita. Berasal dari kehidupan masyarakat perkebunan, nasi liwet sunda lahir dari alasan penghematan. "Itu sebenernya dulunya malah lahir dari penghematan, jadi nasi yang sekalian dimasukin lauk pauk di dalamnya," ujar Murdijati Gardjito. Nasi Liwet Khas Sunda ini mempunyai citarasa yang gurih meskipun tidak mengunakan santan. Rasa gurih yang dimiliki nasi liwet diperoleh dari hasil pengunaan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia seperti batang serai, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti. Ada yang mengatakan bahwa nasi liwet ini berasal dari kota Solo, namun ada juga yang mengatakan bahwa menu special ini berasal dari Jawa Barat, tepatnya suku Sunda.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi liwet khas sunda yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!