Resep #49 Sayur Asem Sederhana yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep #49 Sayur Asem Sederhana yang Bikin Ngiler

#49 Sayur Asem Sederhana.

Resep #49 Sayur Asem Sederhana yang Bikin Ngiler

Anda sedang mencari ide resep #49 sayur asem sederhana yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal #49 sayur asem sederhana yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari #49 sayur asem sederhana, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan #49 sayur asem sederhana yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat #49 sayur asem sederhana yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan #49 Sayur Asem Sederhana menggunakan 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan #49 Sayur Asem Sederhana:

  1. Siapkan Bumbu halus:.
  2. Ambil 7 siung bawang merah.
  3. Sediakan 5 siung bawang putih.
  4. Sediakan 5 cabe merah keriting.
  5. Ambil 1/2 sdt terasi.
  6. Ambil Bahan sayur asem:.
  7. Ambil 1 bungkus paketan sayur asem dengan isi pepaya muda, labu siam, kacang panjang, daun melinjo, melinjo, buah asam, jagung.
  8. Gunakan 3 buah cabe hijau keriting, belah 2 potong-potong 10 cm.
  9. Sediakan 1 ruas jari lengkuas.
  10. Sediakan 2 lembar daun salam.
  11. Siapkan Air untuk merebus.
  12. Ambil 2 sdt garam.
  13. Gunakan 3 sdt gula jawa yang sudah disisir.

Cara membuat #49 Sayur Asem Sederhana:

  1. Rebus melinjo bersama jagung dan buah asam. Setelah mendidih, masukkan bumbu halus. Teruskan merebus selama 10 menit atau sampai buah asam empuk..
  2. Setelah buah asam empuk, angkat buah asam dari panci. Masukkan ke dalam blender. Proses hingga buah asam hancur, lalu saring dan masukkan kedalam panci. Dalam tahap ini silakan koreksi rasa, apabila masih kurang asam ulangi menyaring asam sampai rasanya pas..
  3. Tips: Kadang buah asam dalam paketan sayur asam masih terlalu muda sehingga rasanya kurang asam. Silakan tambahkan asam jawa yang terlebih dahulu telah direndam air panas, saring kedalam panci..
  4. Setelah rasanya pas, masukkan pepaya muda dan labu siam. Rebus kembali sampai empuk. Lalu masukkan daun melinjo, kacang panjang dan cabe hijau bersamaan. Silakan koreksi rasa kembali, saya mulai dengan gula dan garam sesuai takaran diatas. Kalau selera teman-teman lebih asin atau lebih manis, silakan sesuaikan..
BARU  Bagaimana Membuat Sayur Bening Kunci Daun Kelor yang Sempurna

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan #49 sayur asem sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!