Resep Sayur asem betawi yang Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur asem betawi yang Menggugah Selera

Sayur asem betawi. Resep Sayur Asem Betawi ini sedikit berbeda dari sayur asem betawi pedas atau sayur asem bening kebanyakan. Memang cara membuat dan bahannya mungkin mirip dengan yang biasa Bunda bikin. Tapi rasanya dijamin beda karena pakai Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Ayaaam.

Resep Sayur asem betawi yang Menggugah Selera Sayur asem atau asam yang dimaksud yaitu sayur asem Betawi Jakarta asli. Sesuai dengan namanya, sayur yang satu ini tentunya variasi dari orang betawi di Jakarta. Namun meskipun begitu bukan berarti kita yang tinggal di luar Jakarta tidak bisa mencicipi sayur yang satu ini.

Lagi mencari ide resep sayur asem betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem betawi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Sayur Asem Betawi ini sedikit berbeda dari sayur asem betawi pedas atau sayur asem bening kebanyakan. Memang cara membuat dan bahannya mungkin mirip dengan yang biasa Bunda bikin. Tapi rasanya dijamin beda karena pakai Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Ayaaam.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem betawi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur asem betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur asem betawi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur asem betawi menggunakan 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur asem betawi:

  1. Siapkan Sayuran asam.
  2. Sediakan Kacang panjang.
  3. Sediakan Daun melinjo.
  4. Gunakan Melinjo.
  5. Ambil Labu siam.
  6. Sediakan Pepaya muda.
  7. Sediakan Nangka muda.
  8. Siapkan Jagung manis.
  9. Siapkan Kacang tanah.
  10. Ambil Bumbu yg dihaluskan.
  11. Sediakan Cabe merah 5 bh(sesuai selera).
  12. Gunakan 5 bh Bawang Merah.
  13. Sediakan 3 bh Bawang Putih.
  14. Ambil 5 bh Kemiri.
  15. Sediakan Terasi.
  16. Ambil 2 lbr Daun Salam.
  17. Sediakan 1 ruas Lengkuas.
  18. Sediakan Asam buah,asam jawa.
  19. Siapkan Gula merah/gula pasir.
  20. Siapkan Garam.
  21. Ambil Masako rasa sapi.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Bening Bayam Labu Parang Jagung, Bikin Ngiler

Sayur asem khas betawi ini tidak akan kalah nikmat dengan sayur asem variasi lainnya. Sayur asem Betawi di dalam isiannya memakai kacang tanah, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, jagung, dan asam Jawa. Selain itu, bumbunya ditambah dengan jengkol, dan oncom. Resep sayur asem Betawi juga memiliki kuah yang bening.

Cara membuat Sayur asem betawi:

  1. Haluskan bumbu, cabe,bawang merah bawang putih,kemiri, terasi baiknya diulek yaa.
  2. Rebus air,mendidih masukkan sayuran yg sudah dicuci bersih yg keras dlu seperti melinjo, nangka,kacang tanah, jagung manis,pepaya dan labu siam,.
  3. Masukkan bumbu halus yg sudah di ulek, lalu masukkan garam gula dan masako, lalu masukkan asem yg dicampur air diambil air asamnya saja.
  4. Setelah empuk,masukkan kacang panjang dan daun melinjo.
  5. Setelah semua empuk, siap dihidangkan.

Jika kali ini tertarik membuat sayur asem Betawi, Anda bisa berkreasi di rumah dengan memakai resep pilihan. Sayur asem khas Indonesia memiliki banyak jenis, tergantung daerah asalnya. Salah satu olahan sayur asem yang paling favorit yakni dari Betawi. Rasa kuahnya segar dengan isian yang lengkap. Berikut resep dan cara membuat sayur asem khas Betawi untuk inspirasi menu sehari-hari.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur asem betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!