Resep Sayur asem betsun(Betawi Sunda), Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Sayur asem betsun(Betawi Sunda), Bisa Manjain Lidah

Sayur asem betsun(Betawi Sunda). Sayur asem Betawi dan sayur asem Sunda jika dilihat dari segi isinya memang tidak memiliki perbedaan yang banyak karena sama-sama menggunakan labu, pepaya muda, kacang panjang, jagung manis, melinjo dan daunnya. Untuk sayur asem khas sunda, rasanya cenderung lebih gurih karena menggunakan bumbu tambahan seperti kunyit, kemiri, dan buah honje (asam patikala). Sementara sayur asam khas betawi, rasa asamnya cenderung kuat dan segar serta.

Resep Sayur asem betsun(Betawi Sunda), Bisa Manjain Lidah Rasanya seperti namanya, yaitu asam-asam segar dan juga gurih. Padahal Sayur ASem Betawi Sunda yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Sayur ASem Betawi Sunda, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya.

Sedang mencari ide resep sayur asem betsun(betawi sunda) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem betsun(betawi sunda) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sayur asem Betawi dan sayur asem Sunda jika dilihat dari segi isinya memang tidak memiliki perbedaan yang banyak karena sama-sama menggunakan labu, pepaya muda, kacang panjang, jagung manis, melinjo dan daunnya. Untuk sayur asem khas sunda, rasanya cenderung lebih gurih karena menggunakan bumbu tambahan seperti kunyit, kemiri, dan buah honje (asam patikala). Sementara sayur asam khas betawi, rasa asamnya cenderung kuat dan segar serta.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem betsun(betawi sunda), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sayur asem betsun(betawi sunda) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur asem betsun(betawi sunda) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sayur asem betsun(Betawi Sunda) memakai 14 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur asem betsun(Betawi Sunda):

  1. Sediakan Sebungkus sayuran asem (5rb dpt 1 or 2 potong jagung mungil ?).
  2. Ambil 4 siung bawang merah.
  3. Sediakan 2 Siung bawang putih.
  4. Gunakan 2 buah kemiri.
  5. Sediakan 1/2 bungkus terasi.
  6. Gunakan 1/2 plastik asem Jawa (tambahkan air panas sedikit).
  7. Sediakan 6 buah cabe merah, 4 buah cabe rawit.
  8. Ambil Lengkuas (seruas jari, di geprek).
  9. Gunakan 2 lbr daun salam.
  10. Gunakan 1 sendok teh garam.
  11. Siapkan 1/2 sendok teh sasa.
  12. Siapkan 1/2 sendok teh gula.
  13. Gunakan Gula merah dikit (ga pake gpp).
  14. Gunakan 2 sendok makan kacang tanah.
BARU  Resep Capcay kuah kental yang Enak Banget

Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem betawi sunda enak di mana pun anda berada, karena. Sayur asem Sunda tentu berbeda dengan sayur asem Jawa dan Betawi. Sayur asem Sunda ini biasa disebut juga dengan nama sayur asem bening karena memang kuahnya lebih bening dan isiannya tidak sebanyak sayur asem pada umumnya. Kalau makan di restoran Sunda, pasti menu satu ini jadi menu wajib karena memang sangat enak apalagi kalau dimakan panas-panas bersama nasi dan ayam atau ikan goreng.

Langkah-langkah membuat Sayur asem betsun(Betawi Sunda):

  1. Rebus kacang tanah spy empuk, tiriskan dan ulek kasar (sambil d buangin kulitnya, biasanya kelupas sendiri ketika d ulek).
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, cabe, garam.
  3. Siapkan air 1 liter/segayung, masukkan sayur asem yg sudah di bersihkan kecuali daunnya (utk daun d masukkan belakangan), utk asem bawaan sayur di geprek ya, bumbu halus yang sudah dihaluskan, lengkuas..
  4. Setelah mendidih masukan daun sayur asem, daun salam, air asam Jawa, gula putih n merah, Sasa, ulekan kacang tanah, cicipi…..jgn lp d cek kematangan labu or kacang panjangnya y ?……….resep bs buat 3 mangkuk nih hehhehehe.
  5. Selamat menikmati n keep health ??.

Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur. Biasanya juga menggunakan kaldu daging sapi atau ayam untuk memperkaya rasa. Berikut ini kami tampilkan resep dan cara masak sayur asem Sunda yang mudah dibuat di rumah. Jangan lupa sediakan pelengkapnya agar acara bersantap dengan sayur asem Sunda semakin nikmat. Resep sayur asem wajib dimiliki bunda, bahkan saat ada hajatan maka sayur asem menjadi menu para juru masak.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur asem betsun(Betawi Sunda) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!