Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asam Jakarta, Enak

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asam Jakarta, Enak

Sayur Asam Jakarta. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asam Jakarta, Enak Indonesian sayur Sayur Asem Jakarta, resep, asli, Indonesia, step-by-step. Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asam jakarta yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam jakarta yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam jakarta, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sayur asam jakarta enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur asam jakarta sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sayur Asam Jakarta menggunakan 15 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sayur Asam Jakarta:

  1. Gunakan 2 bh labu siam ukuran kecil.
  2. Gunakan 3 utas kacang panjang.
  3. Gunakan 1 bh terong ungu.
  4. Sediakan 1 ruas jari lengkuas.
  5. Ambil 2 lembar daun salam.
  6. Ambil 1 sdm asam jawa.
  7. Gunakan secukupnya Air.
  8. Ambil 3 sdm kacang tanah.
  9. Gunakan secukupnya Garam, gula dan kaldu bubuk.
  10. Gunakan Bumbu yang dihaluskan.
  11. Sediakan 3 siung bawang putih.
  12. Ambil 3 siung bawang merah.
  13. Ambil 4 bh cabe keriting merah.
  14. Sediakan 3 bh kemiri.
  15. Siapkan 1/2 sdt terasi (me : terasi mamasuka).
BARU  Resep Sayur Asem Jakarta Anti Gagal

Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing. Jakarta misalnya, punya sayur asem berkuah keruh dan bercitarasa kuat dari terasi, kemiri, dan cabai merah yang dihaluskan dalam bumbunya. Terdapat banyak variasi; sayur asam Jakarta (variasi orang Betawi), sayur asem Jawa Timur, sayur asem Sunda, sayur asam kangkung, sayur asam ikan asin, sayur asem bening dll. Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, daun dan buah melinjo/belinjau, belimbing sayur/belimbing buluh, labu siam, betik muda, kacang panjang, asam jawa, dan jagung muda dalam masakan ini.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asam Jakarta:

  1. Potong-potong sayuran sesuai selera, cuci bersih. Rendam asam dengan sedikit air panas. Sisihkan..
  2. Haluskan bumbu, geprek lengkuas. Sembari itu rebus kacang tanah selama 15 menit. Sisihkan.
  3. Rebus air, masukkan bumbu halus. Rebus hingga air mendidih. Masukkan labu siam. Masak hingga labu matang..
  4. Setelah labu matang, masukkan terong, masak 3menit. Kemudian masukkan kacang panjang, air asam jawa dan bumbui sayur dgn garam, gula dan kaldu bubuk. Tes rasa.
  5. Jika rasa sudah pas dan sayur sdh matang, angkat dan sayur asam siap disajikan..

Ada juga sayur asem gaya Jakarta yang memakai bumbu halus dengan kuah keruh. Sementara sayur asem Betawi sering ditambahkan potongan oncom di dalamnya. Semuanya punya ciri khas rasa yang sama, asam segar. Untuk isiannya tergantung selera dan tergantung stok sayuran yang ada. Sayuran yang umum dipakai seperti kacang panjang, labu siam, jagung, biji dan daun melinjo, nangka muda, kacang merah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Asam Jakarta yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!