Resep Sayur Asem Jakarta Bulbul yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Sayur Asem Jakarta Bulbul yang Bikin Ngiler

Sayur Asem Jakarta Bulbul. Pendampingnya pake ikan asin ama sambel aja udah nikmat banget. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang.

Resep Sayur Asem Jakarta Bulbul yang Bikin Ngiler Indonesian sayur Sayur Asem Jakarta, resep, asli, Indonesia, step-by-step. Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang.

Anda sedang mencari ide resep sayur asem jakarta bulbul yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem jakarta bulbul yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem jakarta bulbul, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asem jakarta bulbul enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Pendampingnya pake ikan asin ama sambel aja udah nikmat banget. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asem jakarta bulbul yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem Jakarta Bulbul memakai 17 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Asem Jakarta Bulbul:

  1. Gunakan 15 lonjor kacang panjang.
  2. Gunakan 1 buah labu siam, potong2.
  3. Sediakan 2 buah jagung manis, potong2.
  4. Gunakan 1 plastik daun melinjo.
  5. Sediakan 1/2 buah kubis ukuran kecil.
  6. Gunakan 2 lembar daun salam.
  7. Siapkan 1 ruas laos, geprek.
  8. Gunakan 1 batang sereh, geprek.
  9. Gunakan 5 sdm air asam jawa.
  10. Sediakan Secukupnya garam dan gula.
  11. Siapkan Bumbu halus.
  12. Siapkan 7 siung bawang merah.
  13. Sediakan 5 siung bawang putih.
  14. Siapkan 5 buah cabe merah besar.
  15. Gunakan 5 buah cabe rawit (optional).
  16. Gunakan 2 butir kemiri.
  17. Siapkan 1/2 sdt terasi.
BARU  Cara Gampang Membuat 402. Cap Cay Kuah Sederhana yang Enak

Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia. Salah satu yang cukup populer adalah Sayur Asem Jakarta. Ciri khas yang membedakan resep sayur asem Jakarta dengan sayur asem yang lainnya adalah penggunaan bumbu cabe dan kemiri yang dihaluskan. Sayur asem, sesuai namanya sayur memiliki rasa asem yang segar serta sedikit pedas.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Jakarta Bulbul:

  1. Haluskan bumbu halus, didihkan air masukkan bumbu halus, daun salam, sereh dan laos, masak hingga mendidih. Tambahkan garam gula koreksi rasa..
  2. Masukkan terlebih dahulu sayur yg keras seperti jagung, kacang panjang, labu siam.
  3. Setelah sayur keras agak matang, masukkan sayur daun kubis dan daun melinjo. Terakhir tambahkan air asam jawa. Masak sampai semua sayur matang. Sajikan.

Baca juga: CARA Membuat Urap Sayuran Resep Lengkap Bahanya, Catat ! Sayur asem adalah makanan rumahan khas Indonesia sedari dulu. Setiap daerah punya resep sayur asem masing-masing, termasuk di Jakarta. Di beberapa daerah, sayur asem memiliki rasa yang manis. Jakarta – Makan siang jadi makin lahap ditemani sayur asem Jakarta.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asem jakarta bulbul yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!