Resep Jangan Asem (sayur asem jawa timuran) Anti Gagal

Diposting pada
Resep Jangan Asem (sayur asem jawa timuran) Anti Gagal

Jangan Asem (sayur asem jawa timuran). Indonesian Vegetables Tamarind Soup or Sayur Asem or Jangan Asem is one of popular soup dish in Indonesia. Although there are plenty recipes of Sayur Asem or Jangan Asem, I find all of them uses the same tamarind and galangal for the soup. While some of them do the stir-frying, the others don't.

Resep Jangan Asem (sayur asem jawa timuran) Anti Gagal Sayur Asem Jawa Timuran af Fitri Agustina Setyarini. Sayur Asem Jawa Timuran by Fitri Agustina Setyarini. Untuk sayuran bisa apa saja sesuai stock dan apa yang lagi musim.

Lagi mencari ide resep jangan asem (sayur asem jawa timuran) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal jangan asem (sayur asem jawa timuran) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jangan asem (sayur asem jawa timuran), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan jangan asem (sayur asem jawa timuran) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Indonesian Vegetables Tamarind Soup or Sayur Asem or Jangan Asem is one of popular soup dish in Indonesia. Although there are plenty recipes of Sayur Asem or Jangan Asem, I find all of them uses the same tamarind and galangal for the soup. While some of them do the stir-frying, the others don't.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan jangan asem (sayur asem jawa timuran) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Jangan Asem (sayur asem jawa timuran) menggunakan 10 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

BARU  Cara Gampang Membuat Tumis Sawi hijau mix Tauge Anti Gagal

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Jangan Asem (sayur asem jawa timuran):

  1. Siapkan 3 kacang panjang.
  2. Gunakan 3 lembar kubis.
  3. Siapkan 1 buah krai.
  4. Ambil Kangkung.
  5. Ambil secukupnya Kecambah besar.
  6. Sediakan Laos.
  7. Gunakan Kunyit (opsional).
  8. Gunakan 2 siung Bawang merah.
  9. Gunakan 1 buah asam jawa segar.
  10. Siapkan Air, garam, kaldu jamur,gula.

Bisa pakai daun melinjo, kangkung, kecipir , timun krai, labu siam, jagung, kacang tanah dan lain-lain. Ada sisa jamur juga saya cemplungin. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai. Dari segi rasa, sayur asem Jawa Timur lebih ringan, tapi tetap terasa segar, pedas, dan gurih yang nikmat.

Cara menyiapkan Jangan Asem (sayur asem jawa timuran):

  1. Panaskan air hingga mendidih, masukkan laos dan bawang merah iris, asam jawa dan kunyit.
  2. Tambahkan kacang panjang, krai dan kecambah.
  3. Setelah setengah matang tambahkan kubis dan kangkung.
  4. Terakhir masukkan garam, gula dan kaldu jamur. Koreksi rasa.

Kalau penasaran dengan citarasa sayur asem Jawa Timur ini, anda bisa bikin sendiri lho di rumah. Nah kebalikan dari Brebes, bagi anda pecinta sayur asem yang pedas bisa coba versi Jawa Timuran, nih. Di antara jenis sayur asem lainnya di tanah Jawa, sayur asem khas Jawa Timur memang setingkat lebih pedas. Lihat juga resep Sayur asem Jawa timur enak lainnya. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Jangan Asem (sayur asem jawa timuran) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!