Cara Gampang Membuat Sayur Asam Khas Lamongan Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Sayur Asam Khas Lamongan Anti Gagal

Sayur Asam Khas Lamongan. Makanan khas Lamongan yang satu ini merupakan sejenis seafood ala lamongan, yaitu asem bandeng. Walaupun namanya asem bandeng, tapi makanan yang satu ini tidak begitu asam namun bercitarasa asin dan sangat gurih. Asem bandeng terbuat dari bandeng yang dimasak dengan rempah dan kuah bening.

Cara Gampang Membuat Sayur Asam Khas Lamongan Anti Gagal Menu cumi asam manis khas Lamongan ini dikenal sebagai sebuah sajian nikmat nan mantap dan bercitarasa dangat lezat. Asem-asem ikan bandeng khas Lamongan siap untuk dinikmati. Sajian ikan bandeng ini memang sangat praktis dan mudah untuk dibuat.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asam khas lamongan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam khas lamongan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Makanan khas Lamongan yang satu ini merupakan sejenis seafood ala lamongan, yaitu asem bandeng. Walaupun namanya asem bandeng, tapi makanan yang satu ini tidak begitu asam namun bercitarasa asin dan sangat gurih. Asem bandeng terbuat dari bandeng yang dimasak dengan rempah dan kuah bening.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam khas lamongan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur asam khas lamongan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur asam khas lamongan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur Asam Khas Lamongan menggunakan 9 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

BARU  Resep Terong Teri cabe ijo yang Bisa Manjain Lidah

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur Asam Khas Lamongan:

  1. Sediakan 1-2 ikat Kangkung.
  2. Sediakan 1 buah Terong.
  3. Siapkan 1/4 sendok makan Asam.
  4. Sediakan Bumbu halus.
  5. Sediakan Garam.
  6. Sediakan Bawang merah 4-5 siung sedang.
  7. Gunakan 1 buah Kemiri.
  8. Gunakan Cabe rawit (sesuai selera).
  9. Siapkan Laos (1 ruas jari).

Bisa juga dijadikan referensi untuk menu masakan di rumah. Cukup dengan mengikuti resep di atas, kamu bisa langsung mencobanya sendiri tanpa harus pergi jauh-jauh ke kota Lamongan untuk mencicipinya. Nah, untuk kamu yang menyukai kuliner ikan dan sedang bosan dengan kuliner ikan yang itu – itu saja maka tak ada salahnya mencoba kuliner khas Lamongan yang satu ini yaitu Asem Bandeng khas Lamongan. Diolah bersama potongan belimbing sayur, tomat serta cabai rawit membuat rasanya asam – asam pedas, dan gurih.

Cara menyiapkan Sayur Asam Khas Lamongan:

  1. Potong kangkung dan terong sesuai selera. Bersihkan dan rebus stngh matang..
  2. Rebus air sampai mendidih. Masukkan bumbu halus. Kemudian sayur yg sudah di rebus setengah matang. Tunggu sampai mendidih masukkan asam..
  3. Tes rasa. Sayur asam siap di hidangkan ?.

Membuat kaldu: rebus potongan daging sapi sampai mendidih dan empuk. Rbus kembali dengan api kecil, sisihkan. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daun jeruk. Tumis kembali sampai semua bumbu matang sempurna. Makanan khas Jawa Timur memang terkenal sangat nikmat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asam khas lamongan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!