Resep Sayur Asem Asem Jawa Timur, Lezat Sekali

Diposting pada
Resep Sayur Asem Asem Jawa Timur, Lezat Sekali

Sayur Asem Asem Jawa Timur. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Resep Sayur Asem Asem Jawa Timur, Lezat Sekali Apa yang menjadikan sayur asem Jawa Timur ini begitu terkenal? Penyajiannya dikenal karena menggunakan kecambah dari kedelai sebagai salah satu bahan utama yang digunakan. Bagaimana rasa dari kecambah dari kedelai ini?

Anda sedang mencari ide resep sayur asem asem jawa timur yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem asem jawa timur yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem asem jawa timur, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur asem asem jawa timur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asem asem jawa timur yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem Asem Jawa Timur menggunakan 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur Asem Asem Jawa Timur:

  1. Siapkan 1/4 kg Buncis.
  2. Siapkan 1/4 kg wortel.
  3. Ambil 1/4 kg daging sapi/tetelan.
  4. Sediakan 2 buah Tomat besar.
  5. Ambil 10 buah bawang merah.
  6. Siapkan 5 buah bawang putih.
  7. Siapkan 5 buah cabe merah besar.
  8. Sediakan 2 buah cabe rawit.
  9. Ambil secukupnya Merica bubuk.
  10. Ambil Secukupnya garam.
  11. Sediakan Secukupnya kecap.
  12. Gunakan Secukupnya gula pasir.
  13. Siapkan 2 lembar Daun salam.
  14. Ambil 1 cm Lengkuas.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Buntil Daun Singkong Kuah Kuning, Enak Banget

Di siang hari yang panas, menyantap seporsi sayur asem memberikan sensasi tersendiri. Kuahnya yang asam manis segar, berpadu dengan kerenyahan sayuran di dalamnya memberikan suntikan tenaga baru untuk menghadapi hari. Tidak banyak yang tahu dari mana resep sayur asem ini bermula. Cara membuat sayur asem Jawa Timur ini tidak jauh bereda dengan sayur asem lainnya.

Cara menyiapkan Sayur Asem Asem Jawa Timur:

  1. Cuci bersih daging sapi/tetelan potong kecil2 dan rebus dengan air secukupnya sebagai kaldu.
  2. Potong kecil-kecil buncis.
  3. Potong wortel dengan potongan dadu.
  4. Iris bawang merah dan bawang putih.
  5. Potong tomat secara persegi.
  6. Masukkan irisan bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan gula secukupnya, daun salam, lengkuas, kecap, cabe rawit dan cabe merah besar ke dalam rebusan air kaldu.
  7. Jika daging sudah empuk, masukkan buncis kemudian wortel.
  8. Apabila buncis dan wortel sudah agak lunak masukkan tomat.

Bahannya yang sederhana serta proses membuatnya yang sangat praktis akan memudahkan anda ketika berada di dapur. Mengingat rasanya yang enak dan cara membuatnya yang praktis maka sudah sepatutnya jika anda mencoba membuat sayur yang satu ini di rumah. Sayur asem di atas mempunyai ciri khas masig-masing. Sayur asem Jakrta memakai kemiri dan buah melinjo. Kalau sayur asem Jawa Timur memakai krai, kangkung serta asem mentah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asem asem jawa timur yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!