Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur yang Lezat Sekali

Diposting pada
Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur yang Lezat Sekali

Sayur Asem Khas Jawa Timur. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur yang Lezat Sekali Untuk isinya bebas mau pake apa saja. Demi menerima tantangan dari mamah di weekend challenge kali ini langsung aja cuzz belanja bahan bahan ini buat masak sayur asem. Gunakan kangkung, tauge, dan timun krai sebagai bahan khas.

Sedang mencari ide resep sayur asem khas jawa timur yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem khas jawa timur yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem khas jawa timur, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur asem khas jawa timur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayur asem khas jawa timur yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem Khas Jawa Timur menggunakan 12 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur Asem Khas Jawa Timur:

  1. Siapkan 10 lonjor kacang panjang (potong potong).
  2. Siapkan 1 buah jagung manis ( potong potong kecil.
  3. Sediakan 1 plastik kecil asem.
  4. Siapkan 2 buah Timun krai (potong kecil).
  5. Gunakan 1 buah tomat (belah jadi 4 & buang bijinya).
  6. Gunakan 2 liter air.
  7. Siapkan 1 potong lengkuas.
  8. Sediakan secukupnya Garam, gula.
  9. Sediakan Bumbu di haluskan :.
  10. Gunakan 7 siung bawang merah.
  11. Siapkan 3 buah kemiri.
  12. Siapkan 1 buah cabe merah (buang biji nya).
BARU  Bagaimana Membuat Sayur Bening Daun Kelor Anti Gagal

Kalau sayur asem Jakarta, di dalamnya wajib ada pepaya muda dan nangka muda. Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya. Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur. Berhubung Suami lg kangen bgd Sayur Asem daerah kita sana.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur:

  1. Siapkan semua bahan bahan ini..
  2. Didihkan 2 liter air lalu masukkan jagung manis. Masak hingga jagung matang (sekitar 5 menit)..
  3. Blender bumbu halus lalu sisihkan dahulu. Sambil kita siapkan asem di rendam air panas sekitar 5 menit lalu saring..
  4. Kita lihat lagi jagung manis yg didihkan td kalau sudah matang bisa lanjut di masukkan kacang panjang dan Krai nya. Tunggu hingga empuk.
  5. Terakhir masukkan Lengkuas, tomat, bumbu halus dan asem lalu tambahkan garam dan gula dan koreksi rasa nya..

Jadilah hari ini Aku masak Sayur Asemnya wong Jawa timur. SAYUR ASEM KHAS JAWA TIMURBahan-bahan:- Tomat- Toge Kedelai- Kacang Panjang- Krai / Timun- Kubis- Jagung- Asem Mateng- Bawang Merah- Bawang Putih- Gula- Gara. Sama dengan sayur asem lainnya, sayur asem khas Jawa Timur ini pun memiliki cita rasa yang begitu enak dan pastinya akan menggugah selera. Kuah yang dicampur dengan rempah dan komposisi bumbu yang khas membuat hidangan sayur yang satu ini menjadi lebih istimewa. Sensasi asam dari kuahnya pun akan menyegarkan kita.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asem khas jawa timur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!