Resep Sayur Asem ala Jatim yang Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur Asem ala Jatim yang Menggugah Selera

Sayur Asem ala Jatim. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Resep Sayur Asem ala Jatim yang Menggugah Selera Sayur asem yang cukup terkenal di daerah Jawa adalah sayur asem Jawa Timur. Apa yang menjadikan sayur asem Jawa Timur ini begitu terkenal? Penyajiannya dikenal karena menggunakan kecambah dari kedelai sebagai salah satu bahan utama yang digunakan.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem ala jatim yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem ala jatim yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem ala jatim, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asem ala jatim enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asem ala jatim yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Asem ala Jatim menggunakan 10 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Asem ala Jatim:

  1. Gunakan 5 lonjor kacang panjang (potong).
  2. Siapkan 5 buah asam jawa.
  3. Siapkan 1 genggam tauge.
  4. Gunakan 1 buah timun.
  5. Ambil 1 ikat kangkung.
  6. Siapkan 1 ruas lengkuas (yg kecil saja).
  7. Gunakan 3 siung bawang putih (iris tipis).
  8. Sediakan 3 siung bawang merah (iris tipis).
  9. Sediakan secukupnya Garam.
  10. Ambil secukupnya Gula pasir.
BARU  Resep Capcay Sayur with Bakso, Enak Banget

Bagaimana rasa dari kecambah dari kedelai ini? Ingin membuat Sayur asem (sayur bening ala jatim) yang enak? Yuk langsung aja simak resep Sayur asem (sayur bening ala jatim) dijamin pasti enak! Menu Sayur asem (sayur bening ala jatim) ini cocok untuk momen-momen spesial.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem ala Jatim:

  1. Potong kacang panjang, timun, dan kangkung. Lalu cuci bersih..
  2. Cuci tauge dan asam jawa hingga bersih..
  3. Siapkan air dalam panci (sesuai selera), lalu masukkan asam jawa dan lengkuas, biarkan hingga mendidih..
  4. Setelah air mendidih, angkat asam jawa ke dalam mangkuk, lalu geprek hingga keluar airnya sampai habis. Masukkan air asam jawa ke dalam panci..
  5. Masukkan potongan kangkung, timun, kacang panjang, tauge, bawang putih dan bawang merah ke dalam panci, kemudian tambahkan gula dan garam sesuai selera (Usahakan keseimbangan rasa antara gurih, manis dan asam)..
  6. Matikan kompor setelah semua sayurannya layu..

Lihat juga resep Sayur asem seger _ #jatim-an enak lainnya. Sayur Asem atau Sayur Asam ala Jawa Timur memiliki keunikan memakai kecambah dari kedelai. Untuk Anda yang ingin membuat resep sayur asem ala rumahan, tidak ada salahnya untuk mencoba resep sayur asem khas dari ibu kota Jakarta ini. Sayur asem Jawa Timur ini sebenarnya sama dengan sayur asem pada umumnya. Namun yang membedakannya yaitu bahan pelengkap serta komposisi bumbu.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asem ala jatim yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!