Resep Sayur Asem / Sayur Asem Surabaya yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Sayur Asem / Sayur Asem Surabaya yang Bisa Manjain Lidah

Sayur Asem / Sayur Asem Surabaya. Lagi bikin sayur yang seger nih.sayur asem sederhana ala suroboyo lauknya pepes ikan bandeng. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, rasa asem-lah yang membuat kelezatannya dinantikan oleh banyak orang, terkhusus masyarakat Betawi.

Resep Sayur Asem / Sayur Asem Surabaya yang Bisa Manjain Lidah Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem / sayur asem surabaya yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem / sayur asem surabaya yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem / sayur asem surabaya, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur asem / sayur asem surabaya enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Lagi bikin sayur yang seger nih.sayur asem sederhana ala suroboyo lauknya pepes ikan bandeng. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, rasa asem-lah yang membuat kelezatannya dinantikan oleh banyak orang, terkhusus masyarakat Betawi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asem / sayur asem surabaya sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem / Sayur Asem Surabaya menggunakan 9 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur Asem / Sayur Asem Surabaya:

  1. Siapkan 180 ml air mineral.
  2. Ambil 6 bawang merah agak besar.
  3. Siapkan 3 bawang putih.
  4. Sediakan 1 tomat.
  5. Siapkan Lengkuas (3 ruas jari).
  6. Ambil Asam jawa.
  7. Siapkan 2 ikat kangkung.
  8. Gunakan Kacang panjang.
  9. Siapkan Krai (kalau orang sby pasti tau krai itu apa).
BARU  Cara Gampang Membuat Ca sawi ijo ayam gampang bgt Anti Gagal

Sayur asem segar, Sayur asam sawi pahit tetelan, Sayur asem rumahan, Sayur asam sawi pahit tetelan Sayur asem merah, selamat mencuba, Sayur asam sawi pahit t. Hidangan sayur berkuah khas Indonesia sangat beragam. Salah satu yang paling disukai adalah sayur asem. Sesuai namanya, rasa sayur ini gurih dan asam, tapi isiannya berlimpah, ada kacang panjang, labu, daun melinjo, dan jagung.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem / Sayur Asem Surabaya:

  1. Siapkan air di panci sekitar 180 ml air mineral..
  2. Iris tipis bawang merah dan putih. Lalu potong tomat dan geprek lengkuas.
  3. Siapkan asam jawa juga.
  4. Saya disini cuma pakai kangkung karna lupa beli kacang panjang sama krai hiks. Jangan lupa dicuci yaaa.
  5. Lalu masukkan bawang merah,putih,lengkuas,tomat dan asam jawa (saya masukkin asam jawanya agak banyak karna saya dan suami suka kalau rasanya aseeem). Oh iya tunggu sampai bener bener mendidih. Biasanya sih airnya bakal berubah kemerahan gara gara si tomat tadi.
  6. Setelah mendidih dan airnya agak kemerahan, masukkan garam secukupnya ya.
  7. Setelah rasanya pas, matikan kompor dan masukkan si kangkung..
  8. Sayur asem siap disajikaaaaan.

Untuk mendapatkan rasa yang makin nikmat, sayur asem butuh lauk pendamping. Berikut beberapa lauk yang cocok banget. Cuci semua bahan & potong-potong bahan sayur (kacang panjang, labu siam, kol, tomat). Masak air hingga mendidih, masukan irisan lengkuas, jagung & labu siam. Rendam asem jawa dengan air hangat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asem / sayur asem surabaya yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!