Bagaimana Membuat Sayur asem jawa timur, Sempurna

Diposting pada
Bagaimana Membuat Sayur asem jawa timur, Sempurna

Sayur asem jawa timur. Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem.

Bagaimana Membuat Sayur asem jawa timur, Sempurna Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai. Dari segi rasa, sayur asem Jawa Timur lebih ringan, tapi tetap terasa segar, pedas, dan gurih yang nikmat.

Anda sedang mencari ide resep sayur asem jawa timur yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem jawa timur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem jawa timur, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur asem jawa timur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Sayur asem ini salah satu menu yg simple masaknya. Rasanya seger dan paling mantab di makan bersama sambal terasi dan ikan asin. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asem jawa timur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur asem jawa timur menggunakan 13 jenis bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur asem jawa timur:

  1. Siapkan 1 buah labu siam, potong kotak.
  2. Ambil 1 buah wortel, potong korek api.
  3. Siapkan 10 helai kacang panjang, potong korek api.
  4. Gunakan 2 ikat daun ubi jalar muda.
  5. Gunakan Segenggam kecambah kedelai, siangi ujungnya.
  6. Ambil 1 ruas ibu jari lengkuas, geprek.
  7. Sediakan 2 buah asam mentah/asam matang, sesuai selera.
  8. Sediakan Secukupnya air.
  9. Ambil Bumbu:.
  10. Sediakan 5 butir bawang merah, iris halus.
  11. Gunakan 1 siung bawang putih, iris halus.
  12. Siapkan Sejumput terasi halus.
  13. Gunakan Secukupnya gula dan garam.
BARU  Resep Orak arik jamur sawi hijau yang Enak Banget

Kalau penasaran dengan citarasa sayur asem Jawa Timur ini, anda bisa bikin sendiri lho di rumah. Dalam resep ini tentunya yg versi Jawa Timur ya. Sayur yg dipakai pun bisa bermacam-macam, sesuai selera. Bisa kangkung, jagung muda, kacang panjang, kubis, taoge, dll.

Cara membuat Sayur asem jawa timur:

  1. Didihkan air dalam panci masak. Masukkan labu siam dan wortel. Masukkan juga asam, lengkuas, terasi halus, bawang merah dan bawang putih. Biarkan semua bahan dan bumbu agak empuk dan merasuk..
  2. Masukkan kacang panjang dan kecambah. Masak lagi sebentar. Kemudian masukkan daun ubi jalar muda. Masak sebentar. Terakhir tambahkan garam dan gula. Aduk rata dan koreksi rasa. Jika sudah pas, buang asam dan lengkuas (biar ga kemakan ?). Sayur asam siap disajikan..

Anyway untuk rasa asamnya bisa pake blimbing. Di siang hari yang panas, menyantap seporsi sayur asem memberikan sensasi tersendiri. Kuahnya yang asam manis segar, berpadu dengan kerenyahan sayuran di dalamnya memberikan suntikan tenaga baru untuk menghadapi hari. Tidak banyak yang tahu dari mana resep sayur asem ini bermula. Siapa yang tak kenal #masakanndeso satu ini hayoo,,,,Yahhh #sayurasem tentu bunda semua tahu khan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur asem jawa timur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!