Bagaimana Membuat Sayur Asem Surabaya suka-suka, Lezat

Diposting pada
Bagaimana Membuat Sayur Asem Surabaya suka-suka, Lezat

Sayur Asem Surabaya suka-suka. Sayur yang sehat dan segar. sangat cocok dimakan saat siang dengan ikan asin dan sambal terasi pedas.? tapi enak juga dimakan begitu saja tanpa nasi. Tapi orang rumah cuma suka kangkung sama kacang panjang lainnya tidak suka. Yaweslah dari pada tetep dimasak dengan formasi lengkap.

Bagaimana Membuat Sayur Asem Surabaya suka-suka, Lezat Hidangan sayur berkuah khas Indonesia sangat beragam. Salah satu yang paling disukai adalah sayur asem. Sesuai namanya, rasa sayur ini gurih dan asam, tapi isiannya berlimpah, ada kacang panjang, labu, daun melinjo, dan jagung.

Lagi mencari ide resep sayur asem surabaya suka-suka yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem surabaya suka-suka yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem surabaya suka-suka, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem surabaya suka-suka yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Sayur yang sehat dan segar. sangat cocok dimakan saat siang dengan ikan asin dan sambal terasi pedas.? tapi enak juga dimakan begitu saja tanpa nasi. Tapi orang rumah cuma suka kangkung sama kacang panjang lainnya tidak suka. Yaweslah dari pada tetep dimasak dengan formasi lengkap.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayur asem surabaya suka-suka yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem Surabaya suka-suka menggunakan 16 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Asem Surabaya suka-suka:

  1. Sediakan 100 gram tulang sapi/ daging tetelan.
  2. Sediakan 1 buah jagung manis.
  3. Siapkan 200 ons kacang tanah kupas.
  4. Siapkan 5 buah kacang panjang.
  5. Ambil 1 buah krai (bisa diganti wortel).
  6. Ambil 1/2 ikat kangkung (opsional).
  7. Sediakan 1/2 ons kecambah (opsional).
  8. Ambil sesuai selera sayuran bisa diganti.
  9. Siapkan 4 siung bawang merah.
  10. Siapkan 5 siung bawang putih.
  11. Ambil 1 ruas lengkuas.
  12. Sediakan 3 buah asam muda.
  13. Siapkan 1 buah cabe merah (buang isinya).
  14. Siapkan garam (selera).
  15. Ambil gula (selera).
  16. Sediakan penyedap rasa (selera).

Untuk mendapatkan rasa yang makin nikmat, sayur asem butuh lauk pendamping. Berikut beberapa lauk yang cocok banget. Masukkan air ke dalam wajah, lalu anda panaskan air hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih, anda bisa menghaluskan bawang merah, terasi, kemudian garam dan gula.

BARU  Resep Sayur asem tetelan tulang sapi, Lezat

Cara menyiapkan Sayur Asem Surabaya suka-suka:

  1. Potong-potong sayuran. Cuci bersih. Sayuran bisa diganti sesuai selera. Biasanya ada daun kacang dan buah melinjo. Tetapi karena susah didapati di pasar, maka pakai sayur standard saja. Pokoknya ada jagung dan kacang tanahanya sebagai khas Sayur asem Suroboyo..
  2. Cuci bersih kacang tanah dan bumbu-bumbu. Khusus untuk jagung, anda bisa membelahnya agar tidak terlalu besar..
  3. Iris semua bumbu. Sisihkan. Untuk cabe merah, buang isinya dan iris memanjang. Untuk lengkuas cukup digeprek..
  4. Rebus tulang atau daging hingga keluar kaldunya. Jangan lupa untuk membuang ampas kaldu yang mengambang di atasnya..
  5. Setelah itu masukkan bahan yang lain. Dengan urutan setelah tulang adalah jagung, selang 5 menit masukkan kacang tanah. Selang 10 menit masukkan bumbu yang diiris..
  6. Kira-kira 3 menit, angkat asam muda dengan sendok sayur. Lalu tekan dengan sendok makan agar isi dan daging buahnya keluar. Buang kulitnya, dan masukkan kembali daging buah asam..
  7. Lalu masukkan krai, kangkung, kecambah dan irisan cabe merah bersamaan..
  8. Masukkan garam, gula dan penyedap rasa. Bila anda tidak menginginkan tambahan penyedap rasa, maka biasanya ukuran gula 2-3 kali dari garam..
  9. Memasukkan sayuran ada tahapannya, karena tidak semua sayuran masaknya bersamaan. Bila anda masukkan bersamaan di awal maka, krai kangkung dan kecambah akan overcook, sedangkan jagung dan kacang tanah belum matang..
  10. Siap dihidangkan. Selamat mencoba..

Sayur asem Betawi punya kuah lebih bening. Kuah sayur asem Betawi lebih merah dan keruh dibanding Jawa. Sebab, ada tambahan terasi, cabai rawit, kemiri, dan cabai merah yang membuat warnanya lebih merah menggoda. Nah, itulah perbedaan antara sayur asem Betawi dan Jawa. Paling Suka Sayur Asem Buatan Ibunya, Begini Tampilan Dapur Jonatan Christie yang Serba Hijau.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur asem surabaya suka-suka yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!