Langkah Mudah untuk Membuat Bobor pakis, Enak

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Bobor pakis, Enak

Bobor pakis. Sayur bobor ini, aslinya pake bayam dan santan. Bisa diganti daun singkong, dan daun ubi jalar juga. Untuk santan, krn saya tidak suka santan dan punya asam lambung, santan saya ganti fiber creme/krimer merk lain dan kental manis utk mendptkan.

Langkah Mudah untuk Membuat Bobor pakis, Enak Lihat juga resep Sayur Bobor Pakis enak lainnya. Suka banget, rasanya mirip pucuk pakis hanya sedikit lebih kesat. Saya olah sebagai lalapan rebus, pecel, tumisan dan yang terakhir saya masak bobor bersama labu siam ngikutin petunjuk gadis sunda nan geulis bernama Yanna Mardiana di pesbuk saya 😀 Ternyata beneran enak dimasak bobor.

Lagi mencari ide resep bobor pakis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bobor pakis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sayur bobor ini, aslinya pake bayam dan santan. Bisa diganti daun singkong, dan daun ubi jalar juga. Untuk santan, krn saya tidak suka santan dan punya asam lambung, santan saya ganti fiber creme/krimer merk lain dan kental manis utk mendptkan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bobor pakis, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bobor pakis yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bobor pakis yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bobor pakis memakai 14 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Bobor pakis:

  1. Ambil 1 ikat daun pakis/paku.
  2. Ambil 1 ruas lengkuas.
  3. Sediakan 500 ml air.
  4. Sediakan 5 sdm fiber creme.
  5. Ambil 5 sdm kental manis/evaporated milk.
  6. Gunakan 1 ruas jari lengkuas geprek.
  7. Ambil Bumbu uleg:.
  8. Gunakan 3 siung bawang merah.
  9. Gunakan 1 siung bawang putih.
  10. Siapkan 2 butir kemiri.
  11. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  12. Ambil 1-2 ruas jari kencur.
  13. Siapkan Secukupnya gula garam.
  14. Ambil Sejumput kaldu jamur bubuk.
BARU  Bagaimana Membuat Sayur Asem Surabaya suka-suka, Lezat

Rasa pucuk pakis cukup mild, tidak melawan ketika dipadukan. Tanaman pakis atau paku yang dapat diolah menjadi sayuran adalah daun dan batang yang masih muda, batang yang gemuk dan batang yang mudah dipatahkan. Dalam pengolahannya, daun pakis biasanya diolah menjadi sayur bobor, gulai, orak-arik, tumis dan lalap. Lalap pakis dibuat dengan cara merebusnya terlebih dahulu.

Langkah-langkah membuat Bobor pakis:

  1. Daun pakis/paku disiangi lalu dicuci bersih. Sisihkan..
  2. Didihkan air di panci. Lalu masukkan lengkuas geprek. Jika air sudah mendidih, kecilkan api kompor. Tp jangan sampai mati..
  3. Uleg bumbu halus ato diblender juga boleh. Masukkan ke air mendidih tadi. Aduk. Masak dgn api kecil kira 5 menitan. Tujuannys agar bumbu uleg bener matang dan rasanya tdk langu ketika nanti dimakan. Ketika bumbu uleg masuk, api kompor di besarkan lagi. Setelah 5 menitan, masukkan fiber creme dan kental manis. Masukkan bubuk jamur. Aduk. Didihkan kembali..
  4. Pasang api kompor kecil, lalu masukkan daun pakis/paku. Aduk tenggelam2kan, masak sampe kuah mendidih kembali. Cek rasa. Matikan api. Selesai..

Daun pakis biasanya diolah menjadi sayur bobor, gulai, orak-arik, tumis dan lalap. Lalap pakis dibuat dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Tidak dianjurkan mengonsumsi daun pakis mentah sebagai lalapan karena mengandung asam sikimat yang dapat mengganggu saluran pencernaan. Jika Anda tertarik untuk memasak sayur pakis, silahkan simak bahan dan bumbu untuk memasakya berikut ini. Daun pakis bisa diolah menjadi masakan seperti opor daun pakis, sayur bobor daun pakis, ditumis maupun diolah menjadi isi sup.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Bobor pakis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!