Resep Sayur Bobor Hemat Enak Seger Anti Gagal

Diposting pada
Resep Sayur Bobor Hemat Enak Seger Anti Gagal

Sayur Bobor Hemat Enak Seger. Resep Sayur Bobor Hemat Enak Seger. Salah satu menu masakan masa kecil saya yang saya suka buanget. Sesusah apapun makan sayur, kalo udah dimasakin sayur bobor saya langsung lahap.

Resep Sayur Bobor Hemat Enak Seger Anti Gagal ID – Salah satu sayur mayur makanan khas masyarakat Jawa yang sudah dikenal luas di Indonesia adalah Bobor. Kudapan ini adalah daun yang biasanya berbahan dasar daun singkong, daun bayam maupun daun katu yang dimasak dengan mengunakan santan. Sehingga memiliki tekstur rasa yang gurih, nikmat dan lezat.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur bobor hemat enak seger yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur bobor hemat enak seger yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Sayur Bobor Hemat Enak Seger. Salah satu menu masakan masa kecil saya yang saya suka buanget. Sesusah apapun makan sayur, kalo udah dimasakin sayur bobor saya langsung lahap.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur bobor hemat enak seger, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur bobor hemat enak seger enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur bobor hemat enak seger sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Bobor Hemat Enak Seger menggunakan 15 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sayur Bobor Hemat Enak Seger:

  1. Gunakan 2 buah oyong.
  2. Siapkan 1 buah wortel.
  3. Ambil 1 genggam toge kedelai (bisa diganti toge yang lain).
  4. Siapkan 1 genggam jagung muda, bisa diganti jagung muda dipotong2 juga.
  5. Gunakan 50 ml santan.
  6. Gunakan Air secukupnya (saya pakai kurang lebih 1,2 liter).
  7. Gunakan Bumbu.
  8. Sediakan 4 buah bawang merah.
  9. Gunakan 2 siung bawang putih.
  10. Gunakan 1 ruas kencur, kira-kira sebesar satu ruas jari telunjuk.
  11. Sediakan 1/2 sendok teh ketumbar.
  12. Sediakan 2 lembar daun salam.
  13. Gunakan 1 ruas lengkuas, kira-kira sebesar ibu jari.
  14. Gunakan secukupnya Garam dan gula.
  15. Sediakan 2-3 buah cabai rawit jika suka agak pedas.

Biasanya sayur ini banyak ditemukan dirumah makan seperti warteg atau rumah makan. SajianSedap.com – Resep Sayur Bobor Daun Kacang Panjang, menu berkuah santan gurih yang sulit untuk ditolak. Karena Resep Sayur Bobor Daun Kacang Panjang tersaji dengan kuah yang nikmat, tak ada salahnya menghadirkan menu ini untuk pelengkap makan malam. Yuk, langsung simak Resep Sayur Bobor Daun Kacang Panjang yang enak ini di bawah sini.

BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Capcay ekonomis Anti Gagal

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Bobor Hemat Enak Seger:

  1. Kupas bagian yang keras dari oyong, lalu potong sesuai selera. Saya sukanya potong bulet-bulet. Hehe. Wortel dikupas dan dipotong-potong juga. Toge atau kecambah dibersihkan dari kulit arinya, cuci bersih, lalu sisihkan..
  2. Uleg halus bahan bumbu kecuali daun salam dan lengkuas.
  3. Didihkan air di panci. Saat air mendidih, masukkan bumbu halus, daun salam, dan lengkuas. Rebus selama kurang lebih 1 menit..
  4. Masukkan wortel dan jagung. Rebus selama kurang lebih 3-4 menit..
  5. Setelah wortel dan jagung setengah matang, masukkan oyong dan toge. Rebus sampai warna putih di oyong agak jernih..
  6. Saat oyong hampir matang (bagian putihnya mulai jernih dan transparan, ku bingung ngasih taunya gimana. Hehe), masukkan santan dan terus aduk sampai santan tercampur rata dan mendidih kembali..
  7. Jika santan sudah tercampur, matikan kompor. Bumbui sayur dengan gula dan garam secukupnya. Kalau bisa jangan pakai micin karena akan menghilangkan rasa authentic sayur bobornya. Kalau pengen banget dikasih penyedap rasa, sebaiknya pakai kaldu jamur atau kaldu ayam saja. Pokoknya jangan pakai micin soalnya kurang cocok aja kalo dipake ke sayur bobor..
  8. Dimakan pakai nasi sama tempe goreng enak bangettt. Untuk resep tempe gorengnya teman-teman bisa liat di resep yang aku lampirkan di bawah ini yaa. Oiya, ini karena aku suka sambel, meskipun sayurnya udah pedes kutambahin pake sambel terasi lagi. Beuuh nikmatnyaaa. (lihat resep).

Menu sahur sederhana yang kaya gizi, sayur bobor ala Jawa Tengah. Sayur bobor merupakan kuliner yang disukai orang Jawa khususnya Jawa Tengah. Bahan yang digunakan untuk membuat sayur bobor terbilang mudah untuk didapat. Kuliner ini biasanya berbahan utama daun bayam, daun kacang, dan daun singkong yang dimasak dengan santan yang encer. Sehat dapat diraih, hemat pun tak terelakkan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur Bobor Hemat Enak Seger yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!