Cara Gampang Menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten, Bikin Ngiler

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten, Bikin Ngiler

Ayam Panggang Areh Khas Klaten. Jepit ayam dengan jepitan bambu atau tusuk dengan bambu, dan olesi badan ayam dengan sebagian santan areh berbumbu hingga rata. Ayam panggang Klaten menjadi kuliner khas yang wajib anda coba ketika berada di Kota Klaten Bersinar ini. Ayam panggang di sini dimasak dengan berbagai bumbu areh yang terbuat dari berbagai rempah-rempah jawa dan santan.

Cara Gampang Menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten, Bikin Ngiler Rasanya yang gurih dan manisnya yang merasuk hingga ke setiap bagian dari potongan ayam tersebut. Ayam panggang khas Klaten di solo Hai gaesss siapa sich yg tahan sm godaan si Ayam Panggang Kaoeman. Di jamin dech kalian bakalan klepek klepek sama.

Lagi mencari ide resep ayam panggang areh khas klaten yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam panggang areh khas klaten yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam panggang areh khas klaten, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam panggang areh khas klaten enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Jepit ayam dengan jepitan bambu atau tusuk dengan bambu, dan olesi badan ayam dengan sebagian santan areh berbumbu hingga rata. Ayam panggang Klaten menjadi kuliner khas yang wajib anda coba ketika berada di Kota Klaten Bersinar ini. Ayam panggang di sini dimasak dengan berbagai bumbu areh yang terbuat dari berbagai rempah-rempah jawa dan santan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam panggang areh khas klaten yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten menggunakan 19 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten:

  1. Gunakan 1 ekor ayam utuh, belah dadanya.
  2. Sediakan 1 buah jeruk nipis ambil airnya (tambahan saya).
  3. Gunakan 1 bungkus santan instan.
  4. Gunakan 800 ml air.
  5. Sediakan 130 gram gula merah sisir halus.
  6. Siapkan 2 lembar daun salam.
  7. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  8. Gunakan 2 ruas jahe geprek.
  9. Ambil 1 jempol lengkuas geprek.
  10. Ambil Secukupnya garam, gula dan kaldu jamur.
  11. Sediakan Bumbu halus :.
  12. Sediakan 9 siung bawang putih.
  13. Ambil 5 siung bawang merah.
  14. Siapkan 4 butir kemiri matang.
  15. Ambil 5 buah cabe merah kriting.
  16. Gunakan 1 kelingking kunyit.
  17. Gunakan 1 sdm ketumbar.
  18. Siapkan 1 sdt merica.
  19. Ambil 1/2 sdt jinten.
BARU  Bagaimana Membuat Ayam Panggang Oven Anti Gagal

Hari ini saya mau share bagaimana membuat ayam panggang klaten yang super nikmat dan lezat. Ayam panggang klaten adalah salah satu. Kuliner khas kota Klaten salah satunya yang terkenal ngetop adalah Masakan ayam panggang. Masakan ini berupa ayam panggang dengan bumbu areh yang gurih manis dan aroma ayam yang cukup memancing selera.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Panggang Areh Khas Klaten:

  1. Cuci bersih ayam kucuri dgn air perasan jeruk nipis sampai merata, diamkan 15 menit lalu cuci bersih lg.
  2. Panggang ayam terlebih dahulu (sy pakai grill pan), panggang sambil di bolak balik sampai tercium aroma khas bakaran.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang masukan juga daun salam, daun jeruk, jahe dan lengkuas aduk rata, setelah bumbu matang masukan gula merah, garam, gula pasir, kaldu jamur dan santan aduk rata masak sampai gula larut.
  4. Masukan air masak sampai mendidih, lalu masukan ayamnya, jgn lupa dibolak balik ya supaya matangnya merata dan icip rasa.
  5. Masak sampai santan menjadi areh atau mengental dan menyusut, lalu bakar lagi ayamnya pakai grill pan atau bakaran lainnya sambil diolesi sisa bumbu, bakar bolak balik ya, sisi satunya lupa kefoto ?.
  6. Angkat dan siap disajikan, selamat mencoba ya ??.

Namun sekarang menu ini juga sudah tidak harus diperoleh dengan datang. Itulah resep ayam panggang khas Klaten yang empuk dan lezat. Kamu bisa menikmatinya dengan sambal favoritmu. Baca Juga: Resep Ciak Po Khas Tiongkok, Sup Ayam Herbal yang Menyehatkan. Ayam Panggang Klaten ini juga merupakan ayam panggang yang sangat populer dan legendaris.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam panggang areh khas klaten yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!