Cara Gampang Membuat Bolu kukus gula merah, Sempurna

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Bolu kukus gula merah, Sempurna

Bolu kukus gula merah. Ada banyak sekali variasi bolu, salah satunya bolu kukus gula merah. Selain memberikan rasa manis alami yang khas, gula merah juga akan memberikan warna kecoklatan yang cantik pada kue bolu kukus. Gimana rasanya ya, bolu kukus gula merah ini?

Cara Gampang Membuat Bolu kukus gula merah, Sempurna Tertarik membuat bolu kukus gula merah yang mekar dan enak? Resep Bolu Kukus – Kue basah yang kita kenal dengan bolu kukus merupakan salah satu cemilan tradisional Indonesia yang merakyat dan digemari oleh masyarakat Tanah Air. Memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis ternyata resep bolu kukus tidak sulit untuk dicoba.

Anda sedang mencari inspirasi resep bolu kukus gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu kukus gula merah yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada banyak sekali variasi bolu, salah satunya bolu kukus gula merah. Selain memberikan rasa manis alami yang khas, gula merah juga akan memberikan warna kecoklatan yang cantik pada kue bolu kukus. Gimana rasanya ya, bolu kukus gula merah ini?

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kukus gula merah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bolu kukus gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat bolu kukus gula merah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bolu kukus gula merah memakai 10 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bolu kukus gula merah:

  1. Gunakan 250 gr tepung terigu.
  2. Gunakan 150 gr gula merah, sisir halus.
  3. Sediakan 4 sdm gula pasir.
  4. Gunakan 200 ml air.
  5. Sediakan 2 butir kuning telur.
  6. Siapkan 1 sdt soda kue.
  7. Siapkan 1 sdt baking powder.
  8. Gunakan 1/2 sdt garam.
  9. Ambil 50 ml minyak sayur.
  10. Ambil 2 lembar daun pandan.

Sudah pernahkah anda mencicipi sajian kue bolu kukus gula merah yang enak? Jika belum, maka resep kali ini patut sekali anda coba dirumah. Selain lezat, sajian kali ini pun lebih mudah untuk dibuat. Bolu Kukus yang berasal dari Resep Rahasia yang diciptakan oleh nenek moyang.

BARU  Resep Bolu Jagung Kukus Anti Gagal

Langkah-langkah menyiapkan Bolu kukus gula merah:

  1. Ayak rata tepung terigu, baking powder, baking soda, dan garam. Sisihkan..
  2. Rebus daun pandan, gula merah, gula pasir dan air hingga larut dengan api kecil. Angkat dan dinginkan..
  3. Panaskan panci/dandang kukusan hingga beruap banyak. Alasi tutupnya dengan kain lap/serbet. Alasi cetakan bolu kukus dengan paper cup.
  4. Mixer kuning telur hingga pucat. Masukkan larutan gula merah dan campuran tepung terigu secara bergantian sedikit demi sedikit, sambil dimixer dengan kecepatan rendah hingga rata.
  5. Tuang minyak sayur, aduk rata hingga homogen.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh.
  7. Masukkan bolu kukus ke dalam panci/dandang kukusan, beri jarak diantaranya. Kukus dengan api besar selama 15 menit. Angkat dan keluarkan bolu dari cetakan..
  8. Siap sajikan.
  9. Tips: ? Isi adonan dalam paper cup/cetakan harus penuh agar bisa mekar. ? Panaskan kukusan terlebih dahulu dengan api besar. Namun, bukan api yang ‘sangat besar’ ya. Karena api yang besar sekali akan melontarkan air ke atas dan diserap oleh adonan. Sehingga adonan akan terlihat mengembang di awal, namun perlahan bisa menyusut, bantat dan berkerut. ? Jangan membuka tutup panci kukusan/dandang sebelum matang. Agar kue bolu bisa mekar maksimal.

Resep Bolu Kukus Gula Merah Merekah. Dalam menggunakan air untuk mengukus pun harus diperhatikan takarannya, jangan terlalu penuh agar tidak mengenai dasar kue bolu kukus atau tidak terlalu sedikit sehingga membuat bolu menjadi gosong. Bahan-bahan Cara membuat bolu kukus sederhana: Resep Bolu Kukus Gula Merah. Bahan-bahan kue Jika Anda menggunakan gula merah, Anda bisa merasakan rasa legit pada bolu kukus. Tapi, jika Anda ingin membuat variasi kue yang memiliki warna cerah atau putih saja Anda pilih saja gula pasir.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Bolu kukus gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!