Bagaimana Membuat Nasi bakar tutug oncom yang Menggugah Selera

Diposting pada
Bagaimana Membuat Nasi bakar tutug oncom yang Menggugah Selera

Nasi bakar tutug oncom. Nasi tutug oncom or sometimes simply called tutug oncom, is an Indonesian style rice dish, made of rice mixed with oncom fermented beans, originally from Tasikmalaya, West Java. It is usually wrapped in banana leaves and served with various side dishes. Nasi tutug oncom is a Sundanese dish, quite popular in most of cities in West Java, especially Bandung and Tasikmalaya, and also in Greater.

Bagaimana Membuat Nasi bakar tutug oncom yang Menggugah Selera Tutug oncom juga sangat cocok dipadukan dengan nasi bakar. Nasi gurih yang dibakar dengan daun pisang ini dapat dikreasikan dengan tutug oncom yang akan membuat makan siang atau makan malam akan semakin nikmat. Nasi campur oncom khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lalapan, sambel, dan lauk seperti tahu/tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng.

Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar tutug oncom yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar tutug oncom yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar tutug oncom, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi bakar tutug oncom enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nasi tutug oncom or sometimes simply called tutug oncom, is an Indonesian style rice dish, made of rice mixed with oncom fermented beans, originally from Tasikmalaya, West Java. It is usually wrapped in banana leaves and served with various side dishes. Nasi tutug oncom is a Sundanese dish, quite popular in most of cities in West Java, especially Bandung and Tasikmalaya, and also in Greater.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi bakar tutug oncom sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi bakar tutug oncom menggunakan 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi bakar tutug oncom:

  1. Ambil 3 cup beras.
  2. Sediakan 1 papan oncom.
  3. Sediakan 1 ons teri,cuci bersih lalu goreng 1/2 matang.
  4. Sediakan 2 ikat kecil kemangi.
  5. Gunakan 10 buah cabe rawit utuh/sesuai selera (bisa di skip).
  6. Sediakan Daun pisang untuk membungkus.
  7. Gunakan Bumbu halus :.
  8. Siapkan 5 siung bawang putih.
  9. Gunakan 6 siung bawang merah.
  10. Ambil 10 buah cabe merah.
  11. Ambil 10 buah cabe rawit/sesuai selera.
  12. Sediakan Secukupnya daun jeruk,salam,dan sereh.
  13. Ambil secukupnya Gula,garam,dan penyedap.
  14. Siapkan Minyak untuk menumis.
BARU  Bagaimana Membuat Ayam Geprek Oatmeal, Lezat

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Nasi tutug oncom atau sangu tutug oncom adalah makanan khas Sunda berupa nasi yang dicampurkan dengan oncom. Oncom yang digunakan bisa berupa oncom goreng atau oncom bakar. Biasanya nasi tutug oncom disajikan dengan pelengkap lalapan, sambal dan juga tahu tempe serta ikan asin.

Langkah-langkah membuat Nasi bakar tutug oncom:

  1. Cuci bersih beras,tambahkan 2lembar daun salam,1 batang sereh,1sdt garam dan 1/2 sdt penyedap,1 sdm minyak goreng,lalu masak seperti biasa menggunankan rice cooker. Tunggu sampai matang lalu dinginkan.
  2. Bakar oncom diatas teflon sampai kaku,setelah itu hancurkan dengan cara ditumbuk menggunakan ulekan. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus,tambahkan daun jeruk,beri sedikit air,lalu masukkan teri dan oncom yg sudah dihancurkan,adukĀ² tambahkan gula,garam dan penyedap. Koreksi rasa. Terakhir masukkan daun kemangi..
  4. Matikan kompor,lalu masukkan nasi,kemudian aduk sampai tercampur rata. Biarkan dingin. Setelah itu bungkus dengan daun pisang..
  5. Bakar nasi yg sudah dibungkus diatas teflon dengan api kecil,bolak balik sekitar 10 menit. Angkat,sajikan.

Nasi tutug oncom ini cocok disajikan bersama sambal goang yang super pedas, ikan asin, tahu, tempe, kerupuk, dan lalapan. Nah, itulah resep nasi tutug oncom, olahan nasi khas Sunda yang bikin kangen. Nasi atau sangu yang ditumbuk (ditutug) bersama oncom bakar, meuni raos pisan! Kuliner tradisional khas asal kampung halaman legenda bulutangkis Susy Susanti itu berupa hidangan nasi hangat dicampur dengan oncom bakar. Dalam bahasa setempat tutug artinya 'ditumbuk'.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi bakar tutug oncom yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!