Resep Opor Ayam Kuah Putih yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Opor Ayam Kuah Putih yang Enak Banget

Opor Ayam Kuah Putih. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Opor Ayam Kuah Putih Bisa kita jadikan variasi menu lebaran kali ini teman-teman, Kalau biasanya opor lebih sering disajikan dengan kuah kuning, maka kali.

Resep Opor Ayam Kuah Putih yang Enak Banget Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam kuah putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kuah putih yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Opor Ayam Kuah Putih Bisa kita jadikan variasi menu lebaran kali ini teman-teman, Kalau biasanya opor lebih sering disajikan dengan kuah kuning, maka kali.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kuah putih, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan opor ayam kuah putih enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam kuah putih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih menggunakan 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih:

  1. Sediakan 1 ekor Ayam, potong 10 (saya cuma pakai 6 potong).
  2. Siapkan 2 lembar Daun Jeruk.
  3. Sediakan 3 lembar Daun Salam.
  4. Siapkan 1 ruas Lengkuas, geprek.
  5. Sediakan 1 batang Sereh, geprek.
  6. Siapkan 700 ml Air.
  7. Siapkan 65 ml Santan Instan (Kara).
  8. Siapkan Secukupnya Garam.
  9. Sediakan Secukupnya Kaldu bubuk.
  10. Ambil Bumbu yg dihaluskan :.
  11. Sediakan 6 siung Bawang Merah.
  12. Siapkan 2 siung Bawang Putih.
  13. Gunakan 3 butir Kemiri, sangrai.
  14. Ambil 1/2 sdm Ketumbar bubuk.
  15. Siapkan Secukupnya Lada bubuk.
  16. Gunakan Secukupnya Minyak untuk menumis.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Ayam bakar madu Anti Gagal

Sajikan opor bersama irisan lontong atau ketupat dan taburan Opor ayam ada yang memiliki kuah berwarna kuning. Warna yang khas ini dihasilkan oleh kunyit. Bagaimana cara memasak opor ayam seperti ini? Aroma santannya membuat rasanya makin nikmat.

Cara menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih:

  1. Cuci bersih ayam dan siapkan bumbu untuk dihaluskan..
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas & sereh yg sudah digeprek sampai harum, kemudian masukkan ayam aduk rata..
  3. Masukkan air dan santan, aduk-aduk supaya santannya tidak pecah. Masak -+ 35 menit sampai bumbu meresap..
  4. Masukkan garam & kaldu bubuk, tes rasa jika sudah pas matikan apinya..
  5. Opor Ayam siap disajikan, jangan lupa taburkan bawang goreng. Nb : Saya biasanya memasak opor malam hari untuk dikonsumsi besok paginya supaya bumbunya lebih meresap..

Kalau kuah santan sudah mengental dan ayamnya matang, segera angkat dari kompor. Anda bisa membuat opor ayam kuah kuning, opor ayam kuah Padang, hingga opor ayam kuah putih. Anda bisa menyesuaikan selera, akan memilih membuat Menariknya, opor ayam kuah putih ini bisa dikreasikan memakai bumbu khas Solo. Daging ayam yang dikombinasikan dengan kuah santan serta rempah-rempah otentik, sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor ayam kuah putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!