Resep Opor ayam Jawa Timur yang Lezat

Diposting pada
Resep Opor ayam Jawa Timur yang Lezat

Opor ayam Jawa Timur. Ingin masakan opor ayammu ludes di hari Lebaran Idul Fitri? Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa tenggara timur, Papua bahkan sudah terkenal di manca negara.

Resep Opor ayam Jawa Timur yang Lezat opor ayam kampung super lezat khas jawa timur opor ayam spesial. cocok buat hidangan keluarga dan pastinya di jamin enak dengan bumbu Opor ayam merupakan makanan yang sudah sering kita dengar. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun belum tahu caranya pengolahannya, berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada.

Lagi mencari inspirasi resep opor ayam jawa timur yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam jawa timur yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam jawa timur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor ayam jawa timur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Ingin masakan opor ayammu ludes di hari Lebaran Idul Fitri? Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa tenggara timur, Papua bahkan sudah terkenal di manca negara.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam jawa timur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam Jawa Timur memakai 19 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor ayam Jawa Timur:

  1. Ambil 1/2 kg ayam.
  2. Ambil Bumbu halus.
  3. Ambil 9 bawang merah.
  4. Siapkan 5 bawang putih.
  5. Sediakan 2 cm kunyit bakar.
  6. Gunakan 3 kemiri sangrai.
  7. Sediakan Bumbu cemplung.
  8. Siapkan Laos geprek.
  9. Sediakan Jahe geprek.
  10. Sediakan 4 daun salam.
  11. Gunakan 1 daun jeruk.
  12. Sediakan 1 sereh geprek.
  13. Sediakan Secukupnya pala.
  14. Gunakan Secukupnya lada bubuk.
  15. Ambil Secukupnya ketumbar bubuk.
  16. Gunakan Secukupnya gula kelapa.
  17. Gunakan 1 saset santan (saya: cuma 2 sdm).
  18. Sediakan Secukupnya garam, gula, pala, kaldu jamur.
  19. Sediakan Semangkok air.
BARU  Resep Chicken salted egg -indonesian recipes yang Menggugah Selera

Jawa Tengah Jawa Barat Jawa Timur Bali Sunda Kalimantan Sumatra Padang Manado Masakan Internasional Betawi Sulawesi. Resep opor ayam biasanya tidak berdiri sendiri. Daerah Sumatera biasanya menghidangkan opor ayam sejajar dengan telur balado, rendang, serta keripik pedas. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja.

Langkah-langkah membuat Opor ayam Jawa Timur:

  1. Haluskan bumbu lalu oseng dengan sedikit minyak.
  2. Jika bumbu sudah matang/harum, cemplungkan bumbu cemplung kecuali air, santan dan air.
  3. Jika daun sudah wangi dan layu masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna menjadi putih..
  4. Setelah ayam berwarna putih masukkan pala bubuk, merica bubuk, ketumbar bubuk. Aduk lalu tambahkan air. Tutup didihkan ayam hingga empuk/matang..
  5. Setelah ayam matang, masukkan gula garam, kaldu jamur dan santan.. Jika suka kental bisa ditambahi santan yang banyak, karena saya mau buat yang encer (biar gak kena kolesterol ?) cuma pakai 2 sdm santan kara.
  6. Aduk aduk hingga merata. tes rasa, matikan kompor. Siap sajikan.

Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Kamu bisa bikin opor ayam putih yang rasanya sama-sama enak. Inilah cara membuat dan resep opor ayam putih untuk sajian Lebaran. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor ayam Jawa Timur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!