Bagaimana Menyiapkan Bakso Ayam Sawi Hijau yang Lezat

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Bakso Ayam Sawi Hijau yang Lezat

Bakso Ayam Sawi Hijau. Bahan :- Olive Oil- Bawang Bombay- Bawang Putih- Gula & Garam – Kecap Manis- wortel- Sawi Hijau- Bakso Ayam – Air Matang – Daun Bawang ( Optional ) Tumisan atau cah ini adalah salah satu hidangan yang sangat sederhana sekali. Lihat juga resep Bakso Ayam Hijau enak lainnya. Sawi Hijau • bakso ikan (bisa diganti bakso daging/ayam), di iris • bawang putih, cincang kasar • bawang merah, iris tipis • saus tiram • minyak wijen • tepung terigu (dicairkan), bisa diganti maizena • air panas.

Bagaimana Menyiapkan Bakso Ayam Sawi Hijau yang Lezat Nama lain sawi hijau adalah sawi bakso,caisin atau caisim. Lihat juga resep Sayur Sawi Hijau Bakso enak lainnya. Iris sawi hijau, tahu, bakso, dan bahan lainnya sesuai selera.

Anda sedang mencari ide resep bakso ayam sawi hijau yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bakso ayam sawi hijau yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Bahan :- Olive Oil- Bawang Bombay- Bawang Putih- Gula & Garam – Kecap Manis- wortel- Sawi Hijau- Bakso Ayam – Air Matang – Daun Bawang ( Optional ) Tumisan atau cah ini adalah salah satu hidangan yang sangat sederhana sekali. Lihat juga resep Bakso Ayam Hijau enak lainnya. Sawi Hijau • bakso ikan (bisa diganti bakso daging/ayam), di iris • bawang putih, cincang kasar • bawang merah, iris tipis • saus tiram • minyak wijen • tepung terigu (dicairkan), bisa diganti maizena • air panas.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakso ayam sawi hijau, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan bakso ayam sawi hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bakso ayam sawi hijau yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bakso Ayam Sawi Hijau menggunakan 22 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bakso Ayam Sawi Hijau:

  1. Gunakan Bahan Bakso:.
  2. Gunakan 150 gr sawi hijau (caisim), berat bersama batang.
  3. Gunakan 100 ml air es.
  4. Gunakan 400 gr paha ayam fillet tanpa kulit.
  5. Gunakan 2 siung bawang putih.
  6. Ambil 1 1/4 sdt garam.
  7. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk.
  8. Gunakan 1 butir telur.
  9. Sediakan 200 gr tepung sagu.
  10. Ambil Bahan Kuah:.
  11. Gunakan 1 liter kaldu iga sapi homemade.
  12. Ambil 1 sdt garam.
  13. Ambil 1/8 sdt merica bubuk.
  14. Gunakan 1/4 sdt gula.
  15. Siapkan 1 ikat seledri.
  16. Gunakan 3 siung bawang putih, goreng lalu ulek.
  17. Gunakan Pelengkap:.
  18. Siapkan 1 bonggol pakcoy, rebus sebentar atau rendam air panas hingga lunak (opsional).
  19. Gunakan 150 gr misoa, rendam air panas hingga lunak.
  20. Ambil Batang sawi hijau (caisim) sisa membuat jus caisim, rebus.
  21. Ambil Bahan perendam bakso setelah matang:.
  22. Ambil Secukupnya air dan es batu.
BARU  Resep Sayur Asem / Sayur Asem Surabaya yang Bisa Manjain Lidah

Tumis bawang putih terlebih dahulu, lalu bawang merah dan cabe. Kemudian, masukkan tahu dan bakso, biarkan hingga agak matang terlebih dahulu, setelah itu masukkan sawi hijau beserta garam, saori, lada, dan gula. Mulai dari mie ayam, bakso, bihun goreng, hingga cap cay. Tidak heran, banyak orang yang selalu menyediakan stok sawi hijau di kulkasnya.

Langkah-langkah membuat Bakso Ayam Sawi Hijau:

  1. Membuat bakso: siapkan sawi, petiki daunnya lalu cuci bersih..
  2. Masukkan daun sawi dalam tabung blender dan 100 ml air es. Blender halus..
  3. Saring blenderan sawi hingga mendapatkan 150 ml jus sawi, sisihkan..
  4. Masukkan dalam chopper: paha ayam fillet, telur, garam, merica bubuk dan bawang putih. Proses tidak perlu terlalu halus agar tekstur cacahan ayam tetap terasa dibaksonya nanti..
  5. Pindahkan ayam dalam wadah lalu tuang 150 ml jus sawi. Tambahkan juga tepung sagu. Aduk ringan cukup hingga tepung tercampur rata (jika terlalu kuat khawatir baksonya keras)..
  6. Sendoki lalu bentuk bulat adonan bakso. Masukkan pada air panas..
  7. Setelah semua bakso masuk dalam air panas, masak dengan api kecil hingga mengapung lalu rendam dalam air berisi es batu agar proses pematangannya berhenti dan menghindari bakso jadi terlalu lembek..
  8. Membuat kuah bakso: tuang kaldu iga homemade dalam panci dan seledri ikat. Tambahkan bawang putih goreng yang sudah diulek..
  9. Masukkan garam (bertahap ya supaya tidak keasinan, saya pakai garam himalaya 1 sdt), merica bubuk dan gula sesuai selera, aduk rata..
  10. Didihkan kuah bakso sambil dikoreksi rasa, jika rasanya sudah pas sajikan bakso, misoa, batang sawi, pakcoy bersama kuah bakso..

Jika memasak, tinggal tambahkan sawi hijau deh, supaya bisa sekaligus mengonsumsi sayur. Tapi, ternyata sawi hijau punya 'kembaran' lho. Yaitu sawi pahit atau sawi hijau pahit. Lihat juga resep Cah Sawi Hijau Bakso Tahu enak lainnya. Lihat juga resep Tumis Sawi Hijau Tauge Sosis Bakso enak lainnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bakso ayam sawi hijau yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!