Bagaimana Menyiapkan Sayur ase cabe hijau, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Sayur ase cabe hijau, Bisa Manjain Lidah

Sayur ase cabe hijau. Resep Sayur Ase Cabe Hijau khas Cianjur. Sejauh yg saya ingat, di rumah Nenek saya ketika Idul Fitri selalu disajikan Sayur Ase Cabe (begitu sebutan utk masakan tersebut). Leluhur kami, salah satunya dari Cianjur, daerah Utara – Jawa Barat.

Bagaimana Menyiapkan Sayur ase cabe hijau, Bisa Manjain Lidah Makanan khas nusantara yang berbahan dasar cabai hijau segar dengan tempe ini bercita rasa sedikit pedas manis yang dimasak dengan kuah santan serta campuran bumbu tradisional. Pertama makan ase cabe hijau dulu di rumah bibi di garut , kemudian saya minta diajari cara membuatnya , bahan utamanya cabe hijau besar (jangan yang keriting ya) atau boleh menggunakan cabe gendot. salah satu masakan khas sunda kata bibi saya . Cara membuatnya cukup mudah bumbu bumbu di haluskan , tumis hingga wangi tambahkan.

Anda sedang mencari ide resep sayur ase cabe hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur ase cabe hijau yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Sayur Ase Cabe Hijau khas Cianjur. Sejauh yg saya ingat, di rumah Nenek saya ketika Idul Fitri selalu disajikan Sayur Ase Cabe (begitu sebutan utk masakan tersebut). Leluhur kami, salah satunya dari Cianjur, daerah Utara – Jawa Barat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur ase cabe hijau, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur ase cabe hijau enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur ase cabe hijau yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur ase cabe hijau memakai 15 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur ase cabe hijau:

  1. Sediakan 500 gram daging sapi (sengkel).
  2. Ambil 4 bh tahu putih (potong bagi 2, goreng).
  3. Siapkan 250 gram cabe hijau besar, belah bagian tengahnya, buang bijinya.
  4. Sediakan 1750 ml air putih.
  5. Ambil 2 lbr daun salam.
  6. Ambil 1 ruas jari lengkuas (kupas, geprek).
  7. Sediakan 1 ruas jari jahe (kupas, geprek).
  8. Sediakan 6 siung bawang merah (iris tipis).
  9. Gunakan 3 siung bawang putih (iris tipis).
  10. Gunakan 4-5 bh tomat hijau (potong bagi 4).
  11. Sediakan 1 sdm gula merah sisir.
  12. Siapkan Secukupnya air asam jawa.
  13. Sediakan Secukupnya gula pasir.
  14. Siapkan Secukupnya garam.
  15. Ambil Secukupnya penyedap/kaldu jamur.
BARU  Resep Sup Sayur Enak, Gurih, Ekonomis Tanpa Ayam yang Menggugah Selera

Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut 'jangan ndeso' atau sayur desa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah. Tapi sebenarnya resepnya sangat mudah lho, anda bisa membuatnya.

Langkah-langkah membuat Sayur ase cabe hijau:

  1. Rebus daging dengan 1750 ml air sampai daging empuk & keluar kaldu nya (me : presto 20 menit), lalu potong2 sesuai selera, lalu masukan kembali daging ke air rebusan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, salam, jahe, lengkuas dan cabe hijau sampai harum lalu masukkan tumisan ke dalam rebusan daging.
  3. Bumbui dengan air asam jawa, garam, gula pasir, gula merah & penyedap, lalu test rasa.
  4. Menjelang diangkat masukkan tahu goreng & tomat hijau, masak sebentar lalu sajikan.

Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, lengkuas yang sudah dimemarkan, serta cabai hijau. Bumbui sayur asem dengan gula merah, garam, dan air asam Jawa. Terakhir masukkan kacang panjang, labu siam, dan daun melinjo. Sementara, salah satu penonton dalam live IG tersebut ada yang menambahkan komentar bahwa cabai gendot juga biasa dijadikan sayur godok. Makanan tradisional itu bernama ase cabe gendot.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur ase cabe hijau yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!