Resep Sayur Ase Cabe Hijau, Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur Ase Cabe Hijau, Menggugah Selera

Sayur Ase Cabe Hijau. Resep Sayur Ase Cabe Hijau khas Cianjur. Sejauh yg saya ingat, di rumah Nenek saya ketika Idul Fitri selalu disajikan Sayur Ase Cabe (begitu sebutan utk masakan tersebut). Leluhur kami, salah satunya dari Cianjur, daerah Utara – Jawa Barat.

Resep Sayur Ase Cabe Hijau, Menggugah Selera Makanan khas nusantara yang berbahan dasar cabai hijau segar dengan tempe ini bercita rasa sedikit pedas manis yang dimasak dengan kuah santan serta campuran bumbu tradisional. Pertama makan ase cabe hijau dulu di rumah bibi di garut , kemudian saya minta diajari cara membuatnya , bahan utamanya cabe hijau besar (jangan yang keriting ya) atau boleh menggunakan cabe gendot. salah satu masakan khas sunda kata bibi saya . Cara membuatnya cukup mudah bumbu bumbu di haluskan , tumis hingga wangi tambahkan.

Sedang mencari ide resep sayur ase cabe hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur ase cabe hijau yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur ase cabe hijau, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur ase cabe hijau yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Resep Sayur Ase Cabe Hijau khas Cianjur. Sejauh yg saya ingat, di rumah Nenek saya ketika Idul Fitri selalu disajikan Sayur Ase Cabe (begitu sebutan utk masakan tersebut). Leluhur kami, salah satunya dari Cianjur, daerah Utara – Jawa Barat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur ase cabe hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sayur Ase Cabe Hijau memakai 16 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur Ase Cabe Hijau:

  1. Ambil 1 ons daging tetelan.
  2. Gunakan 10 bh cabe hijau.
  3. Sediakan 5 potong tahu.
  4. Siapkan Stgh papan tempe.
  5. Ambil Bumbu yg dihaluskan.
  6. Ambil 5 siung bawang merah.
  7. Ambil 3 siung bawang putih.
  8. Siapkan 1 ruas jahe.
  9. Gunakan Bumbu tambahan.
  10. Siapkan 1 bh tomat.
  11. Siapkan Sereh.
  12. Siapkan Salam.
  13. Gunakan Garam.
  14. Sediakan Gula.
  15. Siapkan Kaldu ayam.
  16. Gunakan Cuka.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Sayur asem jakarta praktis bumbu racik Anti Gagal

Resep Ase Cabe Hijau Khas Lebaran (Resep & Foto: @dewie_modesto/ Editor Resep: Marti) Cabe hijau yang dimasak dengan bumbu gurih ini sederhana tapi bisa bikin nuansa sajian Lebaran jadi makin istimewa. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, lengkuas yang sudah dimemarkan, serta cabai hijau. Bumbui sayur asem dengan gula merah, garam, dan air asam Jawa. Terakhir masukkan kacang panjang, labu siam, dan daun melinjo.

Cara menyiapkan Sayur Ase Cabe Hijau:

  1. Potong daging kecil2, cuci bersih dan rebus hingga empuk, cabe hijau buang bijinya dan potong2 memanjang direbus sebentar, tempe potong kotak2 sesuai selera, tahu dipotong lalu digoreng.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan jahe lalu tumis sampai harum, masukkan salam, sereh dan tomat lanjutkan sampai tomatnya layu.
  3. Setelah itu masukkan tumisan bumbu kedalam air rebusan daging, masukkan tempe, tahu, dan cabe hijau rebus sampai matang.
  4. Beri garam, gula, kaldu dan yg utama cuka agak banyak krna rasanya dominan asam, cek rasa dan masakan siap disajikan.

Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut 'jangan ndeso' atau sayur desa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah. Tapi sebenarnya resepnya sangat mudah lho, anda bisa membuatnya. Sementara, salah satu penonton dalam live IG tersebut ada yang menambahkan komentar bahwa cabai gendot juga biasa dijadikan sayur godok.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur ase cabe hijau yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!