Resep Cilok bumbu kacang yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Cilok bumbu kacang yang Enak Banget

Cilok bumbu kacang. Cilok Aci Bumbu Kacang enak lainnya. Resep cilok bumbu kacang memang sedang banyak dicari, hal ini sebenarnya sangatlah wajar, rasanya yang kenyal, empuk dan menggugah selera pasti membuat siapapun selalu ingin menyantapnya. Mencari cilok juga sangat mudah, karena hampir disteiap keramaian ada penjual cilok, harganya pun tidak mahal alias murah-meriah.

Resep Cilok bumbu kacang yang Enak Banget Rasanya yang gurih keyal dan saus kacangnya yang enak sangat menggugah selera. Cilok merupakan jajanan yang banyak dijual di sepanjang jalan. Dari pada membeli cilok yang belum tentu kebersihannya, lebih baik kamu mencoba membuat cilok sendiri.

Anda sedang mencari ide resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Cilok Aci Bumbu Kacang enak lainnya. Resep cilok bumbu kacang memang sedang banyak dicari, hal ini sebenarnya sangatlah wajar, rasanya yang kenyal, empuk dan menggugah selera pasti membuat siapapun selalu ingin menyantapnya. Mencari cilok juga sangat mudah, karena hampir disteiap keramaian ada penjual cilok, harganya pun tidak mahal alias murah-meriah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cilok bumbu kacang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cilok bumbu kacang memakai 16 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Cilok bumbu kacang:

  1. Ambil 150 gr tepung tapioka.
  2. Gunakan 150 gr tepung terigu.
  3. Sediakan 5 siung bawang putih.
  4. Ambil 1 sdt garam.
  5. Siapkan 1 batang daun bawang iris tipis.
  6. Ambil 1 sdt lada bubuk.
  7. Siapkan 300 ml air.
  8. Siapkan Bahan untuk bumbu kacang :.
  9. Sediakan 100 gr kacang tanah, sangrai lalu haluskan.
  10. Siapkan 3 siung bawang putih, cincang halus.
  11. Ambil 5 buah cabe rawit, haluskan.
  12. Ambil 5 sdm kecap manis.
  13. Sediakan 1 sdt garam.
  14. Ambil 1/2 sdt gula pasir.
  15. Sediakan 3 sdm saus cabe + 3sdm saus tomat.
  16. Ambil 5 sdm minyak goreng.
BARU  Cara Gampang Membuat Palm Sugar Cheese Cookies, Lezat

Cilok Bumbu Kacang Bunda Bagus Gresik Jatim. Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Langkah-langkah membuat Cilok bumbu kacang:

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka hingga tercampur rata.
  2. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan bawang putih yg telah digiling halus lalu masukkan juga irisan daun bawang serta garam..
  3. Masukkan air bumbu tersebut kedalam adonan tepung, aduk dengan menggunakan spatula hingga kalis dan tercampur rata.
  4. Sesudah kalis biarkan sebentar hingga hangat lalu di bentuk.
  5. Lalu panaskan air didalam panci untuk memasak cilok tersebut,sesudah mendidih tambahkan minyak goreng agar adonan cilok tidak lengket, masukkan cilok yg sudah dibentuk ke dalam panci, biarkan hingga adonan cilok mengapung.
  6. Jika sudah mengapung,angkat dan tiriskan.
  7. Bumbu kacang : Panaskan wajan lalu tumis bawang putih hingga harum, masukkan cabe yg telah dihaluskan lalu masukkan kacang yg telah disangrai & dihaluskan, lalu tambahkan air sedikit, masukkan saus,gula,garam dan kecap manis lalu test rasa, tunggu sebentar hingga bumbu mengental..
  8. Setelah bumbu mengental maka cilok bumbu kacang siap dinikmati… Slamat mencoba?.

Setelah bumbu harum, masukan Kacang Tanah. Angkat tanpa ditiriskan, pindahkan ke blender. Siapkan wadah lalu masukan Kacang Tanah yang sudah halus, Kecap Manis, Gula Merah, Garam dan Air Panas. Resep Cilok Kuah Pedas Nampol Resep cara membuat cilok bumbu kacang, salah satu jajanan khas Bandung yang populer. Rasa kenyal dan gurihnya, disukai banyak orang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Cilok bumbu kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!