Langkah Mudah untuk Membuat Buntil Daun Singkong yang Sempurna

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Buntil Daun Singkong yang Sempurna

Buntil Daun Singkong. Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Langkah Mudah untuk Membuat Buntil Daun Singkong yang Sempurna Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo! Buntil daun singkong biasanya tersaji dengan kuah kuning yang gurih dan sedikit pedas. Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat.

Sedang mencari inspirasi resep buntil daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal buntil daun singkong yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari buntil daun singkong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan buntil daun singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat buntil daun singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Buntil Daun Singkong memakai 27 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Buntil Daun Singkong:

  1. Siapkan 1 ikat daun singkong.
  2. Gunakan Bahan Isian:.
  3. Sediakan 1/2 butir kelapa agak muda, parut.
  4. Gunakan 20 gr udang rebon.
  5. Siapkan 1 siung bawang putih.
  6. Sediakan 2 buah cabe merah besar.
  7. Siapkan 1/2 ruas kencur.
  8. Gunakan Secukupnya gula.
  9. Sediakan Secukupnya garam.
  10. Siapkan Bahan Kuah:.
  11. Sediakan 4 siung bawang putih.
  12. Siapkan 5 siung bawang merah.
  13. Gunakan 6 buah cabe merah besar.
  14. Siapkan 12 buah cabe rawit.
  15. Ambil 3 butir kemiri, disangrai.
  16. Sediakan 1 ruas kunyit.
  17. Sediakan 3 cm lengkuas.
  18. Ambil 3 lembar daun salam.
  19. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  20. Gunakan 1 batang sereh.
  21. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk.
  22. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk.
  23. Siapkan 1 sdm gula merah.
  24. Siapkan Secukupnya garam.
  25. Sediakan Secukupnya gula.
  26. Sediakan 65 ml santan kara.
  27. Gunakan 400 ml air/santan encer.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Empal Gepuk Sambalado, Enak

Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning. Buntil daun singkong seringkali dijajakan di pasaran, terutama pada pedagang lauk dan nasi atau bisa juga para pedagang kaki lima. Jenis makanan buntil ini memang menjadi menu tradisional yang mempunyai kelezatan sangat legendaris. Terlebih lagi memiliki resep pembuatannya yang tergolong sangat mudah.

Langkah-langkah menyiapkan Buntil Daun Singkong:

  1. Petik daun singkong, cuci bersih. Didihkan air, rebus daun singkong sampai empuk. Tambahkan 1 sdm minyak goreng dalam air rebusan..
  2. Buat bahan isian dulu. Haluskan bawang putih, cabe, kecur, gula dan garam. Campur bersama dengan udang rebon dan kelapa, aduk rata..
  3. Ambil beberapa daun singkong, kemudian pipihkan. Isi dengan kelapa, balut lagi dengan daun singkong. Kepal sampai padat, ikat dengan rafia agar tidak lepas. Lakukan sampai habis.
  4. Haluskan bumbu halus untuk kuah kecuali lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan sereh. Cabe rawit sebagian bisa diutuhkan. Tumis semua bumbu sampai matang..
  5. Tambahkan air atau santan encer. Tunggu hingga mendidih, masukkan buntil. Aduk perlahan. Tambahkan bumbu cemplung seperti gula, garam, ketumbar dan lada. Gunakan api kecil biar bumbu meresap..
  6. Terakhir, masukkan santan kara, aduk perlahan tunggu hingga mendidih. Koreksi rasa, matikan api dan siap dihidangkan..

Jakarta – Buntil merupakan lauk sederhana dari daun singkong yang diisi adonan kelapa muda. Direndam kuah santan yang kental, rasanya semakin gurih enak. Salah satu masakan khas Jawa Tengah ini populer karena sederhana dan enak rasanya. Selain dari daun singkong, buntir juga sering dibuat dari daun keladi dan daun pepaya. Resep buntil daun singkong memang sudah populer sejak lama karena merupakan salah satu menu masakan tradisional yang rasa & kelezatannya sudah legendaris.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Buntil Daun Singkong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!